Keperkasaan Rumah Adat Minang

Big Banner

 SolusiProperti.com – Orang Minangkabau menyebut, rumah tempat tinggal dengan sebutan Rumah Gadang (Besar), atau Rumah Bagonjong. Besar menurut tata bahasa mereka bukan hanya sekedar bentuk fisik melainkan secara fungsional juga memiliki peranan yang besar. Rumah Gadang berfungsi sebagai tempat tinggal dan tempat acara adat.

 
Dan dalam fase pembangunannya ukuran ruang atau jumlah kamar tergantung dari banyaknya penghuni di rumah itu.
 

Rumah gadang tidak seperti rumah modern yang terlihat pada ummnya, pembangunannya hampir 90% menggunakan unsur kayu. Dan hampir secaraa keselurhan bahan baku kayu untuk pembuatan rumah gadang ini di dapat dari sekita kampung atau desa. Dan kalu dilihat dari cara membangun, memperbaiki dan membuka (merobohkan) rumah gadang, ada unsur kebersamaan dan gotong royongan sesama masyarakat tanpa mengharapkan balas jasa.

Tidak seperti pembngunan rumah di kota yang menggunakan jasa pemborong atau pekerja banguan.Dan hal terpenting lainnya pembangunan dan pendirian rumah adat ini selain sebagai tempat tingga, berfungsi juga sebagi sara melestarikan adat istiadat kebudayaan yang ada di indonesia. [mal]

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me