Gedung 28 Lantai Ini Terpaksa Dihancurkan

Big Banner

SolusProperti.com – The Harmon Hotel Spa & Residences di Las Vegas, Amerika Serikat, mulai dibangun sekitar akhir 2008 dan awal 2009. Seharusnya menara kaca megah tersebut sudah rampung tahun ini.

Sayangnya, nasib berkata lain. Pengadilan memutuskan gedung Harmon Hotel tersebut harus dihancurkan karena ada kecacatan pada strukturnya.
 
Gedung Harmon Hotel Spa & Residences yang didesain oleh Foster + Partners semula akan dibangun setinggi 49 lantai. Ketika pembangunannya dimulai, Foster + Partners menyatakan bahwa proyek tersebut akan mendorong batas-batas industri jasa sampai batasan baru dengan strategi desain yang mengombinasikan eksterior moderen dan interior mewah.
 
Rencana tinggal rencana. Pembangunan gedung tersebut pun tertimpa masalah. Seperti dikutip dari Archdaily, pekerja konstruksi salah memasang tulangan pada 15 lantai gedung tersebut. Hal itu memaksa pengembang memangkas ketinggian gedung, yaitu dari 49 lantai menjadi hanya 28 lantai.
 
Berselang enam tahun dari awal inisiasi proyek tersebut, pengadilan akhirnya memutuskan untuk meruntuhkan bangunan setinggi 27 lantai tersebut. Pemilik gedung, MGM Resorts International, telah diberikan izin untuk menghancurkan bangunan ini. Namun, biaya penghancurannya pun tidak murah, yaitu sekitar 11,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 132,7 miliar.
 
Penghancuran Harmon Hotel bukan satu-satunya kasus yang menjerat hasil karya firma arsitektur Foster + Partners. Dalam waktu hampir bersamaan, New York Public Library juga meninggalkan rencana renovasi hasil rancangan Foster + Partners di Fift Avenue. [mal]

 

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me