Tips Membersihkan Rumah Setelah BanjirTips Membersihkan Rumah Set

Big Banner

SolusiProperti.com – Memang yang namany musibah banjir, jangkan kehadirannya, kepergiannya saja meninggalkan masalah. Membersihkan rumah setelah banjir memang merepotkan. Banyak sekali kerugian seperti barang elektronik dan furnitur berharga yang rusak akibat terendam air banjir. Sehingga, walaupun banjir telah surut, stress yang menanti akibat harus kerja bakti mengembalikan rumah seperti semula tentu tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, ada baiknya membuat perencanaan sebelum mulai terjun membereskan kekacauan rumah. 

Berikut tips yang mungkin bisa mempermudah Anda untuk merencanakan kegiatan bersih-bersih rumah :
– Jangan Lupa Mematikan Listrik. Hal ini harus dilakukan pertama kali dikarenakan kekhawatiran tersetrum listrik lewat genangan air yang masih ada di beberapa bagian rumah. Setelah itu Anda bisa mulai mengeringkan air yang menggenang di lantai dan membersihkan kuman serta kotoran yang menempel dengan menggunakan cairan desinfektan.
– Bersihkan Furnitur . Perhatikan bagaimana kondisi sofa, perabot dan tempat tidur yang tergenang air. Jika benda-benda tersebut sudah basah, sangat kotor dan berbau tak sedap, lebih baik buang saja dan tidak perlu digunakan lagi karena sudah sangat sulit untuk membersihkan jamur dan kuman yang menempel. Namun untuk kasur yang hanya kotor sedikit dan tidak sampai basah seluruhnya, bisa dibersihkan dengan cara menyiramkan air bersih sambil disikat sampai bersih. Setelah itu semprot dengan desinfektan dan jemurlah di bawah sinar matahari langsung sambil dibolak-balik dan dipukul beberapa kali sampai kering. Setelah kering untuk memberikan rasa nyaman bisa dicoba dengan menyemprotkan pewangi lalu jemur lagi sebentar. Kasur siap digunakan kembali.
– Untuk perabotan atau mebel, bersihkan terlebih dulu air bekas banjir dengan air bersih supaya tidak timbul flek. Lalu oleskan minyak dan gosok dengan lap bersih sampai noda yang menempel hilang. Untuk membuatnya kembali mengilap, perabotan bisa dipelitur ulang.
– Untuk membersihkan karpet, hampir sama dengan membersihkan kasur, Anda hanya perlu menyiramkan air bersih di sisi depan dan belakang agar kotoran keluar. Setelah itu keluarkan sisa air dengan menginjak-injak atau menggunakan serokan karet yang biasa digunakan untuk mengeringkan air di lantai. Sikat karpet dengan shampoo bayi dan usahakan agar sikatannya searah dengan serat karpet agar karpet tak rusak, lalu siram kembali dengan air bersih. Setelah bersih, jemur sampai kering di bawah sinar matahari.
– Bagi Anda yang malas mencuci sofa dan tempat tidur sendiri, Anda bisa menggunakan jasa cuci kasur dan sofa yang banyak tersedia. Biayanya juga tidak terlalu mahal. Untuk sofa basah biaya cuci hanya berkisar 35 ribu – 40 ribu rupiah per sofa, sedangkan untuk kasur hanya 150 ribu – 200 ribu rupiah per kasur. Sedangkan untuk membersihkan karpet Anda bisa menggunakan jasa laundry biasa.
– Perbaiki Peralatan Elektronik ke Tukang Servis. Jangan menyambungkan peralatan elektronik yang sudah terkena air ke listrik karena bisa menimbulkan korslet. Lebih baik langsung bawa ke tukang servis terdekat untuk diperbaiki. Begitu juga dengan mobil, bawa ke bengkel yang sudah terpercaya sesegera mungkin untuk membersihkan dan memperbaiki bagian-bagian mobil yang kotor terkena air banjir.
– Bersihkan Pakaian dan Peralatan Makan. Membersihkan pakaian dan peralatan makan bisa menggunakan cairan pencuci piring dan pakaian biasa, tapi untuk menghilangkan kuman sebaiknya tambahkan cairan anti kuman atau desinfektan dan rendam juga di air panas untuk mensterilkannya.
– Bersihkan Tembok dari Kotoran Banjir. Bersihkan tembok dari lumpur dengan sikat dan cairan desinfektan. Jika terdapat bagian tembok yang rusak, seperti catnya mengelupas, Anda bisa melakukan pengecatan ulang.

Jika kerusakan yang ada sudah sangat parah dan tidak bisa diatasi sendiri alangkah baiknya jika memanggil ahli untuk memperbaiki dan merenovasi sedikit bagian yang rusak. Kalau perlu lakukan renovasi untuk meninggikan rumah lebih tinggi dibanding jalan utama supaya jika terjadi banjir lagi, jumlah air yang masuk ke rumah bisa diminimalkan.[a.f]

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me