Balikpapan, Alternatif Investasi Properti

Big Banner

Jakarta – Para investor properti seyogianya mulai memperluas wilayah investasinya di luar DKI Jakarta. Terdapat beberapa wilayah yang berpotensi besar sebagai tujuan investasi, salah satunya Balikpapan, Kalimantan Timur.

Hasil pengamatan Lamudi, portal properti global, menyebutkan, Balikpapan memiliki fundamental ekonomi yang cukup bagus. Kota ini merupakan sentra penghasil mineral, tidak hanya untuk Indonesia, tapi juga beberapa kawasan Asia.

“Balikpapan saat ini menghasilkan 37 persen dan 70 persen dari gas alam Indonesia dan batubara. Bukan jumlah yang kecil, karena hal ini mampu membuat Indonesia sebagai salah satu produsen utama mineral di dunia,” ujar Managing Director Lamudi Karan Khetan, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, belum lama ini.

Kalimantan Timur akan menjadi pemasok utama kebutuhan batu bara Asia di India dan Tiongkok. Sektor energi juga semakin masif dikembangkan di wilayah ini. Karan mengatakan, beberapa perusahaan bahan bakar terkemuka seperti Total (Prancis) sampai Pertamina memiliki industri besar di wilayah ini. Di samping itu, perusahaan-perusahaan jasa juga mengepakkan sayap bisnisnya, seperti Schlumberger (Uni Eropa), dan Haliburton (USA), serta sejumlah perusahaan skala kecil.

“Kami memprediksi permintaan untuk properti high-end akan meningkat pesat. Perusahaan-perusahaan ini biasanya menyediakan fasilitas yang sangat mewah untuk staf manajerialnya. Kita bisa melihat banyak pengembang yang sudah memanfaatkan tren ini dengan melakukan pembangunan di sana,” papar Karan.

Pengembang besar, seperti Agung Pomodoro, MGM Land, dan kelompok Ciputra sudah memiliki lahan luas di beberapa lokasi utama untuk pembangunan superblok. Di dalam superblok itu akan dibangun mal, hotel, kawasan hunian high-end seperti banyak ditemui di Jakarta.

 

Investor Daily

Penulis: PAM/FER

Sumber:Investor Daily

beritasatu.com