Hotel di Anyer Penuh Selama Libur Lebaran

Big Banner

Serang – Hunian kamar-kamar hotel di sepanjang Pantai Anyer sampai Cinangka Kabupaten Serang, Banten, penuh selama libur lebaran oleh wisatawan.

“Perhitungan kami ada sekitar 4.800 kamar hotel sepanjang Anyer dan Cinangka. Jika dikalikan dua orang saja, ada sekitar 9.600 sampai 10 ribu wisatawan setiap hari yang ada di lokasi hotel dan resort,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang Hardomo di Serang, Sabtu (2/8).

Menurut Hardomo, para wisatawan yang menikmati libur lebaran dengan menginap di hotel biasanya sebagian besar berasal dari luar Banten seperti Jakarta, Bekasi dan daerah lainnya. Sehingga, jumlah wisatawan yang lebih banyak adalah yang menuju lokasi objek wisata pantai terbuka yang tidak menginap di hotel.

“Yang lebih banyak itu wisatawan yang datang ke lokasi pantai terbuka atau untuk umum. Makanya sehari seteleh lebaran terjadi kemacetan di sepanjang jalan menuju Anyer,” kata Hardomo.

Ia mengatakan, kondisi kepadatan pengunjung di Pantai Anyer terjadi mulai hari pertama Lebaran atau hari H. Kemudian peningkatan kunjungan melonjak pada hari ke dua lebaran atau H+2 dan diperkirakan akan terjadi sampai Minggu (3/8) atau H+6.

“Kondisi ini dipastikan juga terjadi sampai Pantai Carita di Kabupaten Pandeglang,” katanya.

Hardomo mengatakan, berkaitan dengan libur lebaran, pihak pengelola hotel tidak memanfaatkan kesempatan dengan menaikkan tarif hotel atau memasang paket-paket tertentu, karena harga tetap disamakan seperti libur akhir pekan biasa.

“Kami juga menyiapkan sajian-sajian khusus bagi pengunjung selama libur idul fitri. Mengingat kondisinya masih dalam suasana lebaran dan ada yang pulang kampung,” kata Hardomo.

Pihaknya berharap kepada Pemerintah Provinsi Banten dan kabupaten/kota berupaya melakukan perbaikan infrastruktur menuju objek wisata Pantai Anyer, dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan seperti perbaikan dan pelebaran jalan alternatif menuju Anyer serta menambah penerangan jalan umum (PJU). Sebab jalur utama Cilegon-Anyer dalam kondisi tertentu, terutama saat hari libur lebaran dan libur akhir pekan sering terjadi kepadatan kendaraan.

Pantai Anyer, Kabupaten Serang, dan Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, dipadati wisatawan untuk mengisi libur Lebaran.

“Kami memperkirakan selama tiga hari terakhir ini wisatawan yang berkunjung ke Pantai Carita sekitar 65 ribu orang,” kata Hendra, seorang pengelola Pantai Pasir Putih Carita Kabupaten Pandeglang Jumat (1/8).

Ia mengatakan, puncak pengunjung wisata dipastikan Sabtu-Minggu karena Senin (4/8) pekan depan, sekolah sudah mulai melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM). Begitu pula perkantoran pemerintahan, BUMN dan perusahaan swasta sudah masuk kerja.

Penulis: /FQ

Sumber:Antara

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me