Menangkap Energi Surya dari Atap Rumah

Big Banner

Frankfurt – Sebanyak 70% penduduk Jerman tinggal di kota-kota. Fakta tersebut mendorong tim Decathlon Surya dari University of Applied Sciences Frankfurt merancang hunian di tengah kota, yang tak banyak menggunakan energi. Hasilnya, rancangan rumah bernama On Top pun berlaga di Solar Decathlon Eropa 2014.

Dengan karya ini, masyarakat setempat diajak memikirkan kembali pentingnya perumahan bertenaga surya. On Top merupakan unit bangunan yang memiliki akses terhadap tenaga surya, dimana penempatannya berada di atas bangunan inti.

Tim dari University of Applied Sciences Frankfurt mengambil pendekatan unik untuk Solar Decathlon tahun ini. Mereka mencoba memecahkan masalah perumahan perkotaan.

On Top adalah unit modular yang dapat diintegrasikan di atas hampir semua bangunan perkotaan tradisional. Solusi inovatif ini memadukan efisiensi energi dengan konsep hunian perkotaan.

Dirancang sebagai solusi modern untuk perumahan di pusat kota, On Top tidak hanya menggabungkan sistem rendah energi, tetapi juga memiliki panel surya yang terintegrasi penuh ke atap.

On Top, seperti dikutip inhabitat.com, mengambil tempat pertama dalam kategori perumahan sosial. Tim perancang berusaha untuk meningkatkan densitas perkotaan sekaligus menciptakan ruang hidup baru yang terjangkau.

Renovasi bangunan yang ada membantu untuk menjaga biaya tetap rendah, serta memperbarui tampilan dan nuansa dari Cityscape yang ada.

Menurut tim perancang, dunia telah melihat perubahan demografi di kota-kota di Jerman. Terkait hal itu, On Top merupakan solusi kreatif Solar Decathlon yang memenuhi populasi perkotaan. Di samping itu, On Top juga menjadi solusi ekonomi dan sosial yang berkelanjutan.

Investor Daily

Penulis: Inhabitat / PAM/FER

Sumber:Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me