Harga Rumah di Tiongkok Alami Penurunan

Big Banner

Beijing – Untuk pertama kalinya dalam 14 bulan, harga rumah di Tiongkok sedikit mengalami penurunan. Hal ini, menjadi isyarat baru bahwa kampanye pemerintah selama empat tahun untuk mengendalikan resiko di sektor properti pada akhirnya mulai membuahkan hasil.

Berdasar data yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional (NBS) Tiongkok, pada Senin (24/2), rata-rata harga rumah baru di sejumlah kota yang ada di Tiongkok mengalami kenaikan sebesar 9,6% pada bulan Januari.

Angka tersebut sedikit turun dari sebesar 9,9% pada bulan sebelumnya. Angka itu juga merupakan perlambatan pertama dalam tingkat kenaikan harga yang terjadi sejak November 2012.

Harga-harga rumah di Tiongkok pun telah melonjak pada tahun lalu, tapi pasar mulai menunjukkan tanda-tanda kehilangan momentum di akhir 2013, ketika pemerintah mengambil langkah-langkah pengetatan lebih lanjut karena kekhawatiran akan resiko terjadinya gelembung (bubble) properti.

“Karena efek dari serangkaian langkah-langkah pemerintah termasuk pembatasan pengetatan di beberapa kota dan kenaikan pasokan dari perumahan yang terjangkau, lingkungan pasar dan ekspektasi harga yang relatif stabil,” ujar Liu Jianwei, seorang ahli statistik di NBS.

“Syarat-syarat pengetatan kredit dan berkurangnya tekanan ketersediaan perumahan juga membantu penurunan penjualan rumah, yang pada gilirannya meringankan harga rumah yang naik lebih lanjut di beberapa kota,” tambah Liu.

Harga-harga rumah di ibukota Beijing naik 14,7% pada Januari dari tahun sebelumnya, berkurang dari kenaikan year on year (yoy) Desember sebesar 16%, dan pada bulan ketiga keuntungan mengalami perlambatan setelah lonjakan rekor di Oktober.

Kenaikan harga di Shanghai turun menjadi 17,5% pada Januari dari tahun lalu, dibandingan pertumbuhan tahunan sebesar 18,2% pada Desember.

Penjualan rumah juga tampaknya mereda di kebanyakan kota-kota besar pada Januari karena ada liburan Tahun Baru Imlek, ketika kegiatan bisnis di Tiongkok melambat dengan tajam.

Data perumahan NBS di akhir tahun lalu telah menunjukkan tanda-tanda pertama bahwa kenaikan tanpa henti di 2013 akan segera berakhir, dan semakin banyak ahli dan pengembang yang tidak lagi merasa optimis pada sektor ini.

Penulis: Reuters / PYA/FER

Sumber: Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me