REI Siapkan Database Perumahan Nasional

Big Banner

Jakarta – Real Estat Indonesia (REI) tengah menyiapkan basis data (database) perumahan dan permukiman secara komprehensif dan terintegrasi.

Database tersebut bisa menjadi panduan, baik bagi pengembang maupun pemerintah dalam menetapkan keputusan bisnis dan regulasi di sektor perumahan, termasuk mengatasi kekurangan pasokan (backlog) perumahan.

“Mudah-mudahan penyusunan database rampung tahun ini. Database ini akan memudahkan pemerintah untuk memetakan persoalan perumahan dan menetapkan kebijakan secara terukur dengan hasil yang efektif,” kata Ketua Umum DPP REI Eddy Hussy di Jakarta, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, sampai saat ini Indonesia belum memiliki database yang valid tentang pembangunan perumahan secara nasional. “Database ini sangat penting dan seharusnya pemerintah punya data ini,” tandas Eddy.

Menurut dia, penyusunan database perumahan nasional merupakan program REI dari hasil berbagai kajian yang dilakukan selama tiga tahun terakhir. Database tersebut akan menjadi masukan bagi pemerintah terkait kebijakan pembangunan perumahan.

“Dengan begitu, sektor properti bisa menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional ke depan,” ujar dia.

Database tersebut, kata Eddy Hussy, juga diperlukan para pengembang untuk menentukan rencana investasi ke depan. Selama ini, para pengembang lebih banyak membangun properti berdasarkan kajian sendiri yang cenderung tidak menyeluruh.

“Database tentu akan memudahkan pengembang dalam menjalankan investasinya,” tutupnya.

Investor Daily

Penulis: IMM/FER

Sumber:Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me