Bank BTN, 38 Tahun Biayai KPR Sebanyak 2,5 Juta Unit

Big Banner

SolusiProperti.com – BTN, Atau Bank Tabungan Negara, yang merupakan salah satu bank pelat merah Indonesia, selama 38 tahun ini akui telah membiayai pembelian rumah secara kredi (KPR/Kredit Pemilikan Rumah) sebanyak 2,5 juta unit. Ke depannya, BTN menyatakan siap membiayai pembelian rumah lebih banyak lagi. Banu Pratomo, Kepala Divisi KPR Subsidi BTN mengatakan, dalam satu tahun sebenarnya BTN mampu membiayai pembelian rumah secara KPR untuk lebih dari 100.000 unit rumah. Kapasitas terpasangnya lebih dari 100.000 unit per tahun, tetapi jarang sekali kami menerima permintaan itu, kata Banu di Jakarta.

Banu menambahkan, dalam 38 tahun ini, BTN menerima permintaan pembiayaan pembelian rumah dengan KPR lebih dari 100.000 unit per tahun hanya tujuh kali saja. Sedangkan rata-rata permintaan pembiayaan rumah melalui mekanisme KPR hanya 67.000 unit per tahun. Seingat saya tahun 1995, 1996, dan 1997, dan empat tahun lainnya yang permintaannya lebih dari 100.000 unit per tahun, imbuh dia.

Banu berharap, pemerintah sebagai regulator, pengembang sebagai pemasok, dan lembaga pembiayaan dapat duduk bersama untuk memikirkan solusi pembiayaan rumah, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Intinya KPR ini kan untuk membantu mereka yang tidak bisa membeli secara cash. Kami ingin kapasitas kami bisa terpakai secara maksimal untuk mereka yang membutuhkan, pungkasnya.[a.f]

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me