Tips Mendekorasi Rumah Untuk Orang Tua Yang Telah Lanjut Usia

Big Banner

SolusiProperti.com – Untuk Anda yang memiliki orng tua yang sat ini telah memasuki usu manula, dan saat ini tengah berfikir membuat hunian untuk kedua orang tua Anda tersebut, simak artikel kami yang satu ini. Saat usia kian lanjut dan tubuh menjadi renta, banyak hal yang tidak bisa dilakukan seperti saat usia muda. Bagi Anda yang tinggal bersama orang tua berusia lanjut, ada baiknya melakukan desain ulang rumah Anda, agar memudahkan orang tua dalam melakukan kegiatan. 

Terinspirasi dari tulisan di laman architectaria.com, berikut empat hal yang harus Anda perhatikan dalam mendesain rumah bagi lansia.
– Pertama, perhatikan area kamar mandi. Tata letak dan desainnya harus sesuai dengan keadaan orang tua. Usahakan memberikan akses yang mudah antara kamar tidur orang tua dengan kamar mandi. Hindari penggunaan level atau tangga di antara kedua ruangan tersebut.
– Kedua, mudahkanlah juga akses antarruangan di dalam rumah, yaitu dengan melebarkan koridor. Hal ini untuk memudahkan pergerakan orang tua yang berjalan menggunakan alat bantu berupa kruk atau kursi roda. Begitupun dengan akses menuju luar rumah yang harus dibuat menjadi lebih lebar.
– Ketiga, pilih lemari pakaian dan atau meja rias yang tidak terlalu tinggi. Demikian pula tempat penyimpanan makanan di dapur, usahakan tidak disimpan di tempat yang tinggi. Hal ini perlu dilakukan agar orang tua bisa meraih barang-barang yang mereka butuhkan dengan mudah. Demikian juga dengan gagang pintu dan kuncinya, letakkan di tempat yang tidak terlalu tinggi. Sehingga orang tua dapat meraihnya.
– Keempat, penggunaan jendela juga harus diperhatikan, karena biasanya orang tua sangat sensitif dengan hawa dingin yang datang dari jendela. Usahakan memilih jendela yang mudah dibuka dan ditutup.

Hadirkan yang terbaik untuk orang tua, layaknya mereka selalu memberikan segalanya yang terbaik disaat kita kecil.[a.f]

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me