Pemerintah Terus Garap Proyek Transportasi Guna Kurangi Kemacetan

Big Banner

SolusiProperti.com – Ketua Umum BPD Hipmi Jaya Terpilih Rama Datau mengatakan, pembangunan transportasi massal memang sangat penting untuk kota sebesar Jakarta, namun harus juga memperhatikan akses bagi pejalan kaki. Seperti yang dilansir Okzone.com, Rama mengatakan, “Misalnya sudah ada monerel, atau sekarang ini ada TransJakarta (Busway). Tapi tidak ada akses jalan yang nyaman untuk penumpang yang baru turun, karena kan Busway ini tidak turun tepat di lokasi yang kita mau. Kita harus jalan kaki dulu”. 

Rama menambahkan, kalau pemerintah hanya fokus kepada pembangunan proyek ini tanpa memperhatikan akses untuk pejalan kaki yang nyaman dan aman akan percuma. “Lebih baik penumpang naik bus jelek tapi langsung sampai ke lokasi tujuan. Kita turun nih dari busway, tapi jalanannya tidak aman, misalnya berlubang, trotoarnya tidak terurus, dipakai tidak semesti kan males juga orang,” kata Rama.

Menurut Rama, hal ini berbeda sekali dengan kondisi diluar negeri. Dengan transportasi yang cukup memadai serta akses pejalan kaki yang nyaman dan aman membuat penumpang yang turun tidak akan was-was. “Setelah infrastruktur transportasinya jalan, akses pejalan kaki juga haruus nyaman,” ujarnya.

Saat disinggung mengenai lebih cepat mana proyek monorel dan MRT lebih rampung terlebih dahulu, menurut Rama proyek monorel akan lebih cepat rampung dan segera beroperasi dikarenakan dari segi jalur. “Kalau secara logic ya monerel dulu kan mainnya di atas (jalurnya). MRT ini kan ada terowongannya bawah tanah, seharusnya monerel harus bisa cepet,” pungkasnya. [a.f]

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me