Melambatnya Sektor Properti Di Solo

Big Banner

SolusiProperti.com – Kredit pemilikan rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) Bank Umum pada bulan Nopember 2013 di wilayah eks karesidenan Surakarta cenderung mengalami pertumbuhan yang melambat. Hal tersebutt di kemukakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo Jawa Tengah. Seperti yang di lansir Okzone.com, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Ismet Inono menjelaskan, “Outstanding KPR Bank Umum mencapai sebesar Rp3,72 triliun dengan mencatat pertumbuhan 15,34 persen year on year (yoy),” . 

Perlambatan itu, menurut Ismet, bersumber pada menurunnya kredit kepemilikan rumah tinggal tipe di atas 70 serta kredit rumah tangga untuk pemilikan flat atau apartemen tipe 22 sampai dengan 70. Demikian pula dengan outstanding KKB Bank Umum pada Nopember 2013 mencapai sebesar Rp349,22 miliar dengan pertumbuhan 20,59 persen yoy melambat bila dibandingkan pertumbuhan KKB periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 99,49 persen.

KKB Bank Umum didominasi oleh kredit kepemilikan mobil roda empat yang memiliki porsi 89,70 persen dari keseluruhan kredit kendaraan bermotor. “Perlambatan KPR dan KKB masih sejalan dengan Loan To Value (LTV) yang dikeluarkan Bank Indonesia,” jelasnya.[a.f]

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me