Perlunya Jasa Seorang Arsitek

Big Banner

SolusiProperti.com – Kalau berbicara yang namanya pembangunan properti, sudah pasti tida bisa terlepas dari yang namanya jasa Arsitek. Memang, menyewa jasa arsitek tidak murah. Sama seperti Anda, tidak ada orang yang ingin dihargai rendah untuk kemampuan dan keahliannya. Terlebih jika di kategorikan keterkaitan antara jasa dan ilmu, sudah barang tentu tidak ada yang murah. 

Sesuai Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, perlu adanya sertifikasi dalam pembangunan rumah, khususnya bagi rancangan dan rencana rumah tersebut. Hal ini kembali digaungkan oleh Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) lewat Biro Hukum dan Kepegawaiannya. Peraturan ini akan diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) sebelum April 2014 mendatang dan akan dibentuk badan khusus. Tanpa tenaga ahli, tentu sulit mendapatkan sertifikasi tersebut.

Kembali ke Veffer, alasan pertama yang dia ungkapkan agar Anda menyewa jasa arsitek adalah penghematan waktu. Menurut dia, Anda mungkin tidak tahu bagaimana pilihan struktur mampu mempengaruhi instalasi sistem mekanikal. “Atau mengenai pilihan material dan teknologi yang mungkin lebih murah, lebih baik, atau lebih tepat dari pilihan yang sudah familiar bagi Anda. Mengetahui hal ini butuh banyak waktu. Seorang profesional terlatih akan memiliki informasi ini dan sudah siap bagi Anda,” ujarnya.

Selain pilihan material baru, mereka juga tentunya mengetahui peraturan yang ditetapkan pemerintah. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, mengenai pembangunan dan perencanaan rumah terkait dengan banyak aturan, belum tentu Anda menguasai dan mampu mengurusnya sendiri.

Alasan kedua yang digarisbawahi oleh Veffer adalah pengalaman dan pengertian para arsitek atas proses konstruksi secara keseluruhan. Fungsi seorang desainer, menurut Veffer, adalah mengintepretasi kebutuhan Anda dan menghasilkan rencana profesional bagi proyek pembangunan yang bersangkutan. Namun, tergantung kebutuhan dan anggaran yang ada, seorang desainer dapat menuntun Anda sepanjang proses aplikasi yang berhubungan dengan perizinan. Mereka juga bisa menjadi penghubung Anda dengan kontraktor, subkontraktor, dan menjaga konstruksi tetap berada pada jalurnya.

Sama seperti di Indonesia, Veffer mengatakan bahwa ada beberapa tipe desainer yang bisa Anda pekerjakan. Pertama, para design-builder, desainer tanpa lisensi, serta arsitek berlisensi. Tidak semua proyek membutuhkan tenaga arsitek. Namun, menurut Veffer, semakin unik dan menantang proyek Anda, semakin Anda membutuhkan tenaga arsitek.

Alasan ketiga adalah mereka, para profesional, berbicara “bahasa” khusus. Maksudnya, mereka punya informasi mengenai proyek Anda dalam bentuk lain selain visi atau angan-angan. Mereka bisa menuangkannya pada gambar teknis, rencana, dan realisasinya. Ingat, proyek Anda akan selalu “berputar” di sekeliling proses menerjemahkan gambar dua dimensi menuju bentuk tiga dimensi.

Alasan keempat, mereka dapat memberikan jasa advokasi bagi Anda. Maksudnya, jika Anda punya masalah dengan kontraktor, arsitek atau tenaga profesional mampu melihat masalah tersebut dengan lebih jernih dan mengetahui kesalahan teknis yang terjadi.

Kelima, Anda akan mendapatkan desain yang lengkap dan perhatian pada detil. Seorang desainer tidak hanya mampu menerjemahkan fungsi ruang, namun juga membuatnya tampil cantik. Referensi mereka atas desain baru yang up-to-date pun seharusnya bisa diandalkan.

Terakhir, Anda tidak hanya membayar kemampuan mereka, namun juga membayar koneksi mereka. Maksudnya, seorang desainer yang sudah lama malang-melintang di industri ini tentu punya banyak koneksi tenaga-tenaga ahli berkualitas. Anda bisa meminta rekomendasi mereka untuk tenaga yang cakap dalam mengecat, membuat konstruksi, atau melakukan desain interior.

Dalam hal ini, tentu saja, reputasi mereka juga akan dipengaruhi oleh kinerja rekan-rekannya. Untuk itulah, arsitek Anda tentu akan berhati-hati dalam mempercayai tenaga lain.
 

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me