Banten, Bangun MCK Atasi Pumukiman Kumuh

Big Banner

SolusiProperti.com – Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengungkapkan bahwa kebutuhan sarana MCK di Banten sagat tinggi sementara kesedian akan MCk masih sangat minim. Untuk itu, Kemenpera melalui Deputi Bidang Pengembangan Kawasan tengah membangun MCK Komunal guna mengantisipasi timbulnya kawasan kumuh di daerah tersebut. “Kami melihat kebutuhan masyarakat akan MCK Komunal di Banten sangat tinggi,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kemenpera, Agus Sumargiarto seperti dikutip situs Kemenpera. 

Menurutnya, apabila kebutuhan MCK bagi masyarakat kurang mampu tidak terpenuhi dengan baik, dikhawatirkan akan memacu tumbuh kawasan-kawasan kumuh di Provinsi Banten.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Kemenpera juga terus mengoptimalkan program Bantuan Stimulan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh Berbasis Kawasan (BSPK) dan penyediaan prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU) di seluruh Indonesia. Penyaluran bantuan MCK Komunal di Serang juga difokuskan pada daerah-daerah baru yang tidak tersedianya sanitasi yang memadai dan termasuk lokasi Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Jumlah pembangunan MCK Komunal di Provinsi Banten saat ini tersebar di 27 lokasi kabupaten/ kota seperti Serang, Lebak, Pandeglang.

Sementara itu, Kepala Desa Cinangka, Serang, Nana Supriyatna mengungkapkan, kebanyakan warga yang tinggal di daerahnya merupakan masyarakat berpenghasilan rendah. Oleh karena itu, adanya bantuan MCK Komunal dari Kemenpera sangatlah dibutuhkan. Saat ini, imbuhnya, Desa Cinangka mendapatkan bantuan sebanyak dua unit bangunan MCK Komunal. Bangunan tersebut telah dilengkapi dengan pompa air dan tandon air serta panel solar cell untuk memenuhi kebutuhan listrik.

“Untuk pemeliharaan MCK tersebut warga nantinya akan membentuk pengurus agar perawatan bangunan bisa berjalan dengan baik. Selain itu, adanya MCK beserta kelengkapannya ini juga bisa mendorong warga untuk terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat,” tandasnya.[a.f]
 

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me