Tanpa IMB, 6 Ruko di Jakarta Selatan Dibongkar

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) Jakarta Selatan merobohkan enam unit rumah kantor (ruko) di Jl Kesehatan, Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu (12/11). Ruko dua lantai itu terpaksa dirobohkan karena tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Menurut Timbul, Kepala Seksi  Penertiban dan Pengawasan Sudin P2B Kecamatan Pesanggrahan, pihaknya sudah berulang kali member peringatan  tetapi pemilik bangunan tidak mengindahkan.

Situasi saat pembongkaran ruko

Situasi saat pembongkaran ruko

“Kami tidak main bongkar bangunan orang,  peringatan  sudah beberapa kali dilayangkan agar mengurus IMB tapi tidak pernah digubris. Ini pelajaran bagi masyarakat agar menaati peraturan,” ujar Timbul kepada housing-estate.com di lokasi.

Pemilik bangunan yang menolak menyebutkan namanya membantah keterangan Timbul. Menurutnya, ia belum pernah menerima surat peringatan satu pun dari Sudin P2B Jakarta Selatan. “Seharusnya kalau mau bongkar mesti ada surat izin atau peringatan, tapi saya tidak menerimanya,” ujarnya.

Dari pantauan housing-estate.com persiapan pembongkaran  sudah tampak sejak pukul 10.30. Puluhan aparat terdiri atas Satpol PP, Polri, TNI, dan petugas Sudin P2B Jakarta Selatan sudah  berkumpul di lokasi. Setelah itu enam ruko tersebut satu per satu dihancurkan dengan alat berat bekhu.

Pembangunan ruko tersebut  sudah hamper rampung, tinggal menyelesaikan pagar dan sambungan listrik.  Ruko dua lantai ukuran 5×10 meter itu konon akan dijual seharga Rp1,7 miliar/unit.  Sudin P2B  Jakarta Selatan berjanji akan mengecek langsung bangunan bermasalah di wilayahnya yang tidak memiliki izin. Kalau ada oknum aparat P2B yang terbukti kong-kalikong dengan membiarkan bangunan tanpa izin mereka akan ditindak tegas.

Editor: H. Prasojo

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me