Thomas Yang, Desainer “Jejak Ban” Sepeda

Big Banner

KOMPAS.com – Prinsip kreativitas tanpa batas seolah menjadi acuan bagi Thomas Yang untuk membuat poster kreatif. Namun, berbeda dengan poster kebanyakan, Thomas membuatnya dengan menggunakan jejak ban sepeda.

Thomas membuat karya poster itu untuk serial bertema ‘100copies’ miliknya. Sesuai tema itu, ia hanya membuatnya dalam 100 cetakan.

Kegemaran Thomas pada hobi sepeda dan seni kreatif membuatnya memiliki ide untuk menciptakan karya seni tersebut. Dia juga telah membuat ilustrasi landmark arsitektur di empat kota besar.

Thomas membuat ilustrasi itu dengan menggunakan ban sepeda yang sudah dicat pigmen hitam pada bagian karetnya. Ia kemudian membuat permukaan ban berubah menjadi sikat dengan tekstur rumit dan kompleks yang dapat dicetak ke kanvas.

Landmark Kota

Sejauh ini, Thomas telah menggambarkan Kota Terlarang China, Jembatan London, Menara Eiffel, dan Empire State Building New York. Thomas terinspirasi oleh sepeda yang begitu mengakar dalam budaya China. Karena itulah, ia membuat ilustrasi Kota Terlarang China untuk mengenang budaya tersebut.

“Sepeda merupakan kendaraan rakyat di China dan saat ini sedang dalam masa kebangkitan. Sebelas jejak ban unik Saya gunakan dalam membuat Kota Terlarang ini. Satu di antaranya milik merpati terbang legendaris,” ujar Thomas.

Thomas kemudian menamakan ilustrasi Kota Terlarang ini dengan sebutan ‘The Unforbidden Cyclist.’ Bahkan, cara yang sama juga dia gunakan untuk membuat Jembatan London (London Bridge). Sebelas jejak ban unik dia pakai untuk membuat lambang kota London tersebut. Ia menamakan ilustrasi ini dengan ‘God Save the Bike.’

Thomas selanjutnya membuat ilustrasi Menara Eiffel dengan menggunakan dua belas jejak ban unik. Proyek itu dinamakannya dengan ‘Bicycle Mon Amour.’

Terakhir, Thomas menciptakan ‘The Cyclist Empire’ untuk menggambarkan ilustrasi Empire State Building di New York. Dia menggunakan tujuh jejak ban sepeda berbeda untuk menyelesaikan proyek ini.

Thomas memang kreatif. Dia tahu, bahwa China, London, Paris, dan New York adalah kota-kota dengan budaya bersepeda yang sangat baik. Tak heran, Thomas mampu membuat ilustrasi beragam landmark kota dunia tersebut begitu menarik.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me