DPRD Akhirnya Resmi Tetapkan Ahok Sebagai Gubernur DKI Jakarta

Big Banner

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akhirnya resmi ditetapkan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Pria asal Bangka Belitung yang kerap disapa Ahok ini akan memimpin ibukota hingga 2017. Hal ini sudah ditetapkan oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi dalam rapat paripurna istimewa, Jum’at (14/11).

Pengangkatan Ahok sebagai gubernur baru menggantikan Joko Widodo merupakan mandat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 121.32/4438/OTDA tentang pengangkatan Wakil Gubernur DKI.

Meski rapat pengangkatan sudah dilakukan, namun anggota dewan yang berasal dari partai Koalisi Merah Putih (KMP) tidak hadir dalam rapat tersebut. Hal ini memang telah diduga sebelumnya, mengingat penolakan KMP terhadap pelantikan Ahok sebagai gubernur yang baru.

Menurut salah satu anggota KMP, Mohamad Taifik, rapat yang diadakan untuk penetapan Ahok sebagai gubernur tersebut tidak sah karena hanya ditandatangani oleh ketua DPRD dan fraksi saja. Sedangkan ketentuannya harus dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua. Walau demikian, Ketua DPRD Prasetyo, sudah mengukuhkan ahok secara resmi dalam rapat yang berlangsung hanya 10 menit tersebut.

“Saya selaku Ketua DPRD dengan ini secara resmi mengumumkan dan sekaligus mengusulkan kepada Presiden Indonesia melalui Mendagri untuk pengesahan Ir. Basuki Tjahaja Purnama, Plt Gubernur DKI Jakarta menjadi Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan tahun 2012-2017,” ujar Prasetyo saat membacakan keputusan final tersebut, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Langkah selanjutnya, DPRD DKI Jakarta akan mempersiapkan surat kepada Presiden Joko Widodo melalui Mendagri untuk pengesahan Ahok sebagai gubernur baru Jakarta. Jika tidak ada perubahan, Ahok akan dilantik sebagai gubernur secara resmi pada 18 November 2014 mendatang.
 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me