Konsep Perkotaan di Indonesia Diarahkan Menjadi Kota Pintar Masa Depan

Big Banner

Gaya hidup yang lebih efisien dan efektif akan tercipta dengan pengembangan tata kota yang dirancang dengan konsep pintar. Di area teknologi yang makin berkembang saat ini, penduduk kota mulai memerlukan alternative terhadap masalah kemacetan hingga penggunaan bahan bakar kendaraan mereka.

Dalam diskusi bertajuk Depok Smart City Digital Forum, Hardik Bhatt selaku Managing Director CISCO Smart Cities International mengungkapkan visi mengenai kota pintar sesungguhnya di depan komunitas IT dan pegiat ekonomi kreatif Depok.

“Konsep pengembangan kota pintar menuntut penerapan intelligent transport serta penerangan jalan pintar yang mampu mendeteksi keadaan real di jalan untuk menyesuaikan fungsinya secara efektif dan efisien. Kota pintar tidak bisa hanya diwujudkan oleh salah satu pihak, melainkan seluruh komponen masyarakat, baik pemerintah, swasta, maupun warganya. Untuk itu diperlukan inisiatif-inisiatif dari para stakeholder untuk mewujudkannya,” ujar Bhatt seperti informasi yang diterima oleh Rumahku.com.

Hal yang kurang lebih sama juga dijelaskan oleh Guru Besar Institut Teknologi Bandung dan pendiri gerakan Indonesia Smart Cities Initiatives, Suhono Supangkat. Menurutnya, konsep kota pintar sangat penting untuk dilakukan bagi perkotaan. Oleh karenanya, butuh peran aktif pemerintah dalam mewujudkannya.

“Konsep kota pintar bisa dimulai dari inisiasi warganya (bottom up). Apa yang dilakukan oleh komunitas Depok yang merupakan langkah awal yang efektif menginspirasi langkah-langkah lanjutan,” papar Suhono.

Diskusi yang melibatkan masalah-masalah perkotaan ini dijajaki dan dibahas dalam rangka mengembangkan teknologi yang akan diterapkan ke depannya.
 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me