Area Kongkow Yang Asyik

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Rasanya kurang lengkap rumah tanpa area berkumpul, bercengkerama dan ngobrol. Meskipun bukan bagian paling utama di rumah, keberadaan area kongkow itu bisa penting. Terutama bila satu rumah dihuni banyak anggota keluarga atau penghuni senang mengundang teman-teman.

area kongkow kolam renang

Area ngeriung itu bisa dibuat menyatu dengan ruang lain, atau berupa ruang tersendiri yang terpisah dari ruang lain. Rumah berukuran besar paling mudah menyediakannya. Sementara rumah kecil kita harus pintar mengatur lay out ruangnya supaya tetap bisa menghadirkannya.

Area kongkow bisa diciptakan di dalam atau luar rumah. Kalau di dalam rumah bisa dipusatkan di ruang keluarga, atau area lain yang memiliki akses ke ruang luar seperti teras. Sedangkan di luar rumah kita bisa mengadakannya di halaman samping atau depan dengan membuat gazebo atau bale-bale.

Her Pramtama, praktisi arsitek dari US&P Architects (Jakarta), mengatakan, tempat kongkow harus dibuat nyaman, terutama bila diniatkan sebagai area bersantai setelah penghuni beraktivitas di luar rumah. Desain area seperti itu juga perlu memperhatikan kondisi psikologis calon penggunanya.

“Hidup orang yang bekerja di luar rumah itu seperti diisolasi. Dari rumah masuk kendaraan, kemudian masuk gedung lagi (bangunan kantor). Karena itu desain area kongkow sebaiknya tidak seperti kapsul untuk menyeimbangkan kondisi psikologis penggunanya. Jadi, tidak dikelilingi banyak sekat dan memiliki pemandangan yang baik ke sekitarnya,” kata Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta itu.

Pendapat senada diutarakan Syahnaz Taufik, desainer interior dari AdabDesain (Jakarta). Menurutnya, kendati kecil area kongkow harus memiliki point of view (sudut pandang) yang menarik. “Bisa taman, kolam ikan, atau kolam renang,” ujarnya.

Bila berada di ruang luar, usahakan area itu terhindar dari paparan sinar matahari langsung, dengan perabot tahan air dan mudah dirawat. “Untuk ruangan kecil, gunakan perabot rendah dan berukuran kecil juga,” jelasnya. Berikut beberapa contoh area kongkow yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Asri Ala Pedesaan. Jika masih ada sisa lahan di halaman, sebuah bale-bale kecil berukuran 7,5 m2 dari bambu bisa dibuat di sini. Di bawahnya untuk kolam ikan. Kecipak air dari tingkah ikan di kolam menemani obrolan Anda.

Suasaana resort

Suasaana resort

Nyaman Ala Resort. Gazebo dipasang di samping kolam renang. Pelapis lantai menggunakan marmer agar mudah dirawat. Mengajak sahabat dan kerabat berbincang di sini setelah berenang sambil mengadakan barbeque menjadi mengasyikkan.

Teduh dan Sejuk. Halaman yang sangat luas memang paling mudah dimanfaatkan sebagai tempat berinteraksi di luar ruang. Cukup tempatkan meja dan kursi panjang di bawah pohon yang rindang, Anda pun dapat ber-kongkow ria dengan sahabat dan kolega.

Adem di Lanta i Atas. Tak punya halaman, lantai atas pun bisa. Balkon atas yang tidak besar diolah menjadi ruang kongkow praktis dengan perabot minimalis. Pandangan yang luas ke luar rumah ditingkahi semilir angin, menjadi kelebihan ruang santai sederhana ini.

 

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me