Terberat dalam Sejarah, Rumah 1.045 Ton Dipindahkan

Big Banner

KOMPAS.com — Memindahkan rumah dengan berat ratusan ton terdengar tidak mungkin. Namun, hal tersebut benar-benar terjadi di Chicago, Amerika Serikat. Untuk memindahkan rumah yang terdiri atas tiga lantai, prosesnya membutuhkan 232 roda.

Sebuah rumah historis di Near South Side mulai dipindahkan pada Selasa pagi. Meski jarak dengan lokasi yang baru hanya sekitar 200 meter, pemindahan dilakukan secara hati-hati karena rumah tersebut telah berdiri selama 126 tahun di tanah sebelumnya.

Rumah Harriet F Rees bergaya masa kebangkitan Roman ini dibangun pada 1888 di 2110 S Prairie Ave. Dari laporan The Chicago Tribune, dibutuhkan 6 juta dollar AS atau Rp 73,1 miliar untuk memindahkan rumah seberat 760 ton ini melintasi jalan raya.

Pemindahan ini dilakukan dalam rangka membuat kawasan hiburan kontroversial yang sebagian didanai oleh pajak. Di kawasan tersebut akan dibangun juga lapangan basket DePaul University dan hotel baru Marriott.

Dari total dana tersebut, 1,9 juta dollar AS (Rp 23 miliar) di antaranya dibayarkan oleh Metropolitan Pierand Exposition Authority, otoritas konvensi kota, untuk membeli tanah di 2017 S Prairie Ave. Tanah tersebut kemudian menjadi lahan baru bagi rumah ini.

Untuk melindungi rumah selama dipindahkan, dibuatlah kerangka pelindung di sekitarnya. Dengan adanya pelindung tersebut, total struktur berat yang dipindahkan adalah 1.045 ton serta berukuran total panjang 25 meter, tinggi 21 meter, dan lebar 7 meter.

Rumah tersebut dipindahkan menggunakan 232 roda dan 29 perangkat hidraulis. Rumah ini merupakan rumah terberat yang dipindahkan secara utuh dalam sejarah Amerika Serikat.

Pemindahan rumah ini menghabiskan waktu beberapa hari. Setelah perpindahan awal dari satu blok pada hari pertama, yaitu Selasa, para kru beristirahat di tengah perjalanannya. Pekerjaan akan dilanjutkan pada Rabu, dan diperkirakan akan berakhir pada Kamis mendatang.

Selama abad ke-19, kawasan Praire Avenue berisi rumah-rumah untuk kalangan terkaya di Chicago. Saat ini, yang tersisa hanya tujuh rumah. Bangunan lainnya telah dihancurkan beberapa tahun lalu.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me