“Glow in the Dark”, Rute Sepeda Ini Menyala di Malam Hari!

Big Banner

KOMPAS.com – Kalau Anda sedang berada di Belanda, tak ada salahnya singgah ke kawasan Brabant. Ada rute bersepeda unik di sini.

Brabant merupakan daerah tempat lahirnya seniman besar Vincent van Gogh yang hidup pada 1883-1885. Berjalan sepanjang 600 meter di kawasan ini, Anda akan menemukan jalur bersepeda yang unik di malam hari.

Desainer asal Belanda, Daan Roosegaarde, baru saja membuat ‘Rute Sepeda Van Gogh-Roosegaarde’ yang terdiri dari ribuan batu tenaga surya. Batuan itu diatur dengan komposisi berputar-putar tak beraturan. Komposisi itu disamakan dengan lukisan karya van Gogh “Starry Night” (Malam Berbintang).

“Itu adalah lukisan paling karakteristik dari van Gogh. Saya ingin menggunakan sesuatu yang orang yang akrab dengannya,” ujar Roosegaarde.

Roosegarde mengatakan, teknologi inovatif sinar surya ia tanamkan pada setiap kerikil hingga membentuk lautan batu bergelombang di aspal. Setelah senja pergi, terang “cahaya bintang” itu kemudian akan menerangi malam dan memungkinkan visibilitas yang sangat jelas untuk pada pesepeda. Glow in the dark!

Dia menambahkan, ia membentuk rute peseda unik itu di kawasan van Gogh lahir tak lain untuk menghubungkan pengalaman orang dengan hal menarik mengenai seniman tersebut. Rencananya, jalur sepeda ini dapat menyatukan kebutuhan melestarikan warisan budaya dan desain kontemporer bagi kepentingan publik di Brabant. Hal itu sesuai dengan tujuan Roosegaarde yang berusaha membangun jalan interaktif dan berkelanjutan dengan menggunakan cahaya, energi dan tampilan grafik yang berinteraksi dengan lalu lintas. 

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me