Ciputra Gelar Lomba Patung Tingkat Nasional IV

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Ciputra Group berkolaborasi dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menggelar Anugerah Adirupa IV CitraRaya 2014–EcoCulture. Anugerah ini merupakan bentuk Lomba Patung Tingkat Nasional IV dengan kategori Seni Patung Lingkungan dan Street Art Furniture.

Chairman Ciputra Group, Ciputra, mengatakan, Anugerah Adirupa digelar sebagai respon meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap karya seni dan para seniman dalam melakukan inovasi, pengembangan kreativitas, dan juga kepedulian akan kemajuan karya seni Indonesia.

“Masa depan kreatif kita ada di tangan kita bersama dan berdasarkan bakat-bakat yang terlihat dalam lomba ini, masa depan seni dan budaya kita sangat cerah,” ujar Ciputra kepada Kompas.com, Senin (17/11/2014).

Anugerah Adirupa IV CitraRaya 2014–EcoCulture diikuti 59 seniman dari seluruh penjuru Nusantara. Terdapat 80 karya seni yang masuk penilaian lomba kali ini dan merupakan karya para seniman berbakat. Terdiri atas 62 buah karya Seni Patung Lingkungan dan 18 buah karya Street Art Furniture.

Kedua kategori ini melengkapi kategori-kategori lomba patung sebelumnya, yaitu Lingkaran Jalan Utama dan Bangunan & Fasilitas Umum. Untuk lomba kali ini, kategori dikembangkan sesuai dengan waktu dan kebutuhan konsep CitraRaya yang berwawasan lingkungan sesuai dengan semangat program EcoCulture yang sudah berjalan.

Dalam lomba Patung Tingkat Nasional ini dewan juri yang terlibat adalah Dolorosa Sinaga (seniman), Maurice Guido Bernardi (Ciputra Group), Citra Smara Dewi (Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ), Nirwan Dewanto (Budayawan), dan Budi Lim (arsitek). Mereka merupakan orang-orang yang mumpuni dan kompeten di bidangnya dan telah bekerja keras untuk mencari karya terbaik pada gelaran tahun ini. Setelah dua kali proses penjurian, akhirnya ditentukan para pemenang dari masing-masing kategori.

“Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para seniman yang telah berpartisipasi dan mencurahkan segenap tenaga dan pikiran untuk mempersembahkan karya seni terbaiknya. Kami sangat gembira dapat memiliki karya-karya seni yang unik, orisinil dan penuh inovasi dari segi olah rupa, bentuk dan material yang dipakai,” imbuh Managing Director Ciputra Group, Budiarsa Sastrawinata.

Semua karya seni yang dihasilkan dari lomba ini dalam pelaksanaannya menjadi elemen dekoratif jalan-jalan dan area publik di CitraRaya Tangerang, dan juga proyek-proyek Ciputra Group  lainnya, serta menjadi sarana  promosi dan edukasi tentang nilai seni dan estetika kepada generasi muda.

“Selain karyanya dipajang, pemenang dari sayembara ini juga mendapatkan hadiah dan sejumlah uang pembinaan,” kata Budiarsa.

Malam penganugerahan dilaksanakan pada Jumat 21 November 2014 pukul 17.00-20.30 WIB di Ciputra Artpreneur Gallery, Ciputra World 1 Jakarta.

 

          

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me