Bikin Karyawan Betah, Hadirkan Suasana Nyaman Di Kantor

Big Banner

SolusiProperti.com – Bagi sebagian orang, kantor sudah menjadi rumah kedua. Kesibukan pekerjaan membuat mereka bertahan di tempat kerja melampaui waktu yang seharusnya. Suasana kantor yang nyaman pun menjadi salah satu faktor yang membuat karyawan betah di kantor.

Menurut arsitek Farida Gunadi, banyak aspek yang harus diperhatikan dalam mendesain sebuah kantor agar menimbulkan suasana nyaman. Salah satunya adalah pemilihan warna dinding. Pemilihan warna dinding yang tepat dipercayai dapat menambah semangat pekerja sehingga bisa berprestasi dalam pekerjaan.
 
“Untuk dinding kantor ada baiknya menggunakan warna-warna terang,” tutur Farida.
 
Beberapa warna yang bisa menjadi pilihan adalah off white, creamy ivory, macademia, dan light cream. Pewarnaan dapat fokus kepada salah satu sisi dinding untuk menambah askes ruangan. Tidak ada salahnya untuk menampilkan suasana yang berbedaemilihan warna ini selain menambah suasana cerah dan hangat, bisa pula menambah kesan luas dan terang pada ruangan. Selain itu, kantor pun dapat lebih hemat energi karena tidak memerlukan banyak lampu.
 
Namun, jika kantor tersebut didominasi oleh kaum muda yang bekerja dalam dunia entertainment, tidak ada salahnya menggunakan warna-warna yang berani. Beberapa warna yang bisa digunakan sebagai alternatif seperti hijau, biru dan merah. Penggunaan warna-warna berani ini bisa menimbulkan suasana semangat terhadap para pekerja.
 
Selain dinding, bagian yang bisa didesain agar tampil lebih menarik adalah partisi dalam kantor. Rata-rata partisi yang digunakan adalah kaca polos atau bahan-bahan yang tidak tembus pandang. Menurut Farida agar kantor tidak terjebak dengan suasana monoton dapat mencari alternatif yakni penggunaan kaca partisi yang bermotif atau bercorak. Selain itu untuk pemilihan meja dan kursi tidak masalah untuk menggunakan furniture kantoran seperti biasanya.
 
Untuk variasi yang bisa menambah suasana nyaman, kantor bisa menambahkan artwork di beberapa bagian ruangan. Artwork ini bisa digunakan sebagai aksen ruangan. Penggunaan panel decorative bisa dijadikan alternatif. Penambahan aksen batu dan kayu pun bisa dijadikan alternatif.
 
Farida juga menyarankan untuk menambahkan aksen padet wall, yakni dinding yang dilapisi busa dan kain motif. Pemilihan motif yang disesuaikan dengan sisi dinding lain atau bahkan tabrak motif dapat menambah suasana kantor lebih ceria dan jauh dari kesan monoton. Terakhir, untuk melengkapi suasana nyaman dan homy, pilihan lantai bahan parket bisa dijadikan pilihan.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me