Walikota Tangerang Minta Pengembang Sediakan RTH Hingga 60 Persen

Big Banner

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, meminta kepada para pengusaha perumahan untuk menerapkan konsep persen untuk membangun perumahan dan 60 persen buat ruang terbuka hijau.

“Pengembang juga wajib menanam pohon di sepanjang jalan utama perumahan yang dibangun, sehingga nanti bisa jadi ‘green tunnel’,” katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota Tangerang berkomitmen untuk menerapkan konsep pembangunan berwawasan lingkungan dengan menggalakkan Gerakan Penanaman Pohon di sepanjang Jalan.

Penghijauan tak hanya dilakukan pemerintah tetapi juga sudah melibatkan peran serta pihak ketiga maupun masyarakat.

Misalnya saja saat ini sudah terbangun komunitas warga peduli lingkungan dan terus digencarkan oleh Dinas Kebersihan Pertamanan di setiap kelurahan.

Lalu kegiatan car free day secara rutin di setiap kecamatan dengan dilakukan penanaman pohon serta peduli lingkungan lainnya.

Kepada camat dan lurah, Arief pun mengharapkan agar lahan Fasos dan Fasum dimaksimalkan untuk kepentingan warga.

“Pemkot membuka peluang kepada warga yang ingin berbuat bagi lingkungannya. Kita akan membantu dalam penyediaan fasilitas kebutuhan. Sebab, menjaga kebersihan tidak hanya tugas pemerintah saja,” tegasnya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Ivan Yulianto, mengatakan, pembentukan komunitas peduli lingkungan masih berjalan.

Pihaknya berharap, dari 104 kelurahan di Kota Tangerang, dapat terbentuk 50 persennya komunitas tersebut. “Tetapi kita tetap sosialisasi ke semua kelurahan dan mengajak pemuda,” ujarnya. (bn)

ciputraentrepreneurship.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me