Target Pembangunan Rumah Naik, Pemerintah Harus Lakukan Ini

Big Banner

JAKARTAKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berencana menaikkan target dua kali lipat untuk pembangunan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tahun depan. Seperti diketahui, target pembangunan rumah tahun ini mencapai 200 ribu unit.

Menurut Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Eddy Hussyy, keputusan Menpupera menaikkan target pembangunan perumahan rakyat sah-sah saja, meskipun target pembangunan rumah MBR tahun ini tidak tercapai.

 

“Bisa saja, tidak masalah. Semuanya tergantung pemerintahannya saja. Pertama, agar target ini bisa tercapai adalah penyederhanaan izin. Seperti permudah sertifikat atau NJOP. Semuanya harusnya bisa disesuaikan,” kata dia di Kantor REI di Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Yang kedua adalah terkait pembiayaan. Dirinya menyarankan, jika memang target pembangunan rumah MBR mau dinaikkan, pembiayaan juga harus ditingkatkan.

“Peningkatan biaya seperti pendanaan untuk FLPP itu kalau bisa dinaikkan,” tambahnya.

Kemudian yang ketiga adalah keikutsertaan bank untuk ikut membiayai rumah murah. Ia berharap jangan hanya BTN saja yang membiayai rumah murah.

“Jadi jika semua tersebut bisa dilakukan pemerintah, untuk mencapai target ini bukanlah sesuatu yang sulit,” tutup dia.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me