Tahan Air Di Musim Hujan

Bisnis.com, JAKARTA — Musim hujan sudah datang, air rembes di dinding atau atap bocor menjadi masalah yang kerap menyerang rumah-rumah.

Banyak cara untuk mengatasi dan menanggulangi masalah bocor atap atau air rembes di dinding. Salah satunya menggunakan lapisan pelindung anti-bocor. Banyak jenis produk di pasaran. Salah satu produsen bahan bangunan, Adhesive Manufacturer (AM) mengeluarkan beberapa produk lapisan pelindung anti-bocor. Salah satunya adalah pelindung anti-bocor dalam bentuk cat.

Tentunya Anda harus memperhatikan jenis, cara penggunaan dan lokasi penggunaan. Lokasi penggunaan di sini artinya, Anda harus memperhatikan tempat mengaplikasikan lapisan anti-bocor. Misalnya untuk genting yang bocor tentu harus menggunakan lapisan anti-bocor berbeda dengan yang digunakan di bak penampungan air yang bocor. Di bak penampungan air tentu harus menggunakan lapisan pelindung yang berbeda komponen karena tempat ini terendam air secara terus menerus.

Selain tempat penggunaan, hal lain yang harus diperhatikan adalah kualitas dan keuntungan dari pelapis pelindung cat-air. Ada baiknya jika Anda menggunakan kasa penguat sebelum melapisinya dengan cat pelindung.

Kasa penguat ini akan berfungsi sebagai perekat bagian yang retak atau bocor seperti pada bagian atap dan genting. Kasa penguat yang dipilih tentunya harus tahan air, terutama di bagian atap dan genting yang akan terkena air ketika hujan turun.

Setelah kasa penguat, Anda bisa melapisinya dengan cat pelindung yang tahan air agak efektif menghalangi air rembesan dari luar. Selain tahan air hal lain yang harus diperhatikan adalah kekuatannya, seberapa kuat cat pelindung ini merekat dan menahan air hujan.

Masalah yang sering terjadi dari atap yang bocor selain masuknya air rembesan, atap atau dinding yang mulai berlumut atau berjamur. Hal ini disebabkan oleh cuaca yang lembap dan terpaan air terus menerus. Salah satu solusinya adalah memperhatikan produk cat pelindung tahan air yang melindungi dari lumut dan jamur. Tambahan untuk mempercantik atap, genting atau dinding, Anda pun bisa memilih cat pelindung tahan air yang memiliki banyak warna. Sehingga bisa rumah Anda bisa aman dari hujan tanpa harus mengabaikan penampilannya.

Editor : Martin Sihombing

properti.bisnis.com