Sarang Narkoba Ini DIsuluap Menjadi Ruang Publik Serbaguna

Big Banner

SolusiProperti.com – Di salah satu daerah kumuh dan terpadat Venezuela, Caracas, studio arsitektur PICO bergabung bersama-sama dengan PGRC Plataforma dan TXP Todo Por La untuk mengubah sebuah bangunan rumah di lahan seluas 120 m2 menjadi area publik.

Perubahannya memang sangat drastis. Dulunya rumah itu adalah tempat perdagangan narkoba. Kini, di tangan para arsitek dan komunitas masyarakat, rumah itu menjadi tempat serbaguna, mulai studio rekaman, ruang komputer, dan lainnya. Kamar mandi dan dapurnya ada di lantai pertama, sementara lapangan basket dibangun di atap rumah untuk menawarkan alternatif ruang publik yang lebih aman untuk anak-anak dan remaja.

Proyek tersebut dimulai dengan menganalisis program yang kelak akan menjadi program paling berguna bagi komunitas lokal. Proses desain tetap dibutuhkan untuk bisa mengakomodasi perubahan dan penggunaan bangunan tersebut di masa depan. Analisis dilakukan untuk menghasilkan kapasitas struktural.

Dengan struktur baja dan dinding kaca, rumah tersebut dihiasi mural yang meliputi pondasi beton. Dengan cara itu, diharapkan hadirnya kehidupan baru ke tengah-tengah publik.

Publik

Banyak persoalan pada komunitas masyarakat di Venezuela, mulai urusan kenakalan remaja dan narkoba, tempat pembuangan sampah, dan sebagainya sehingga mengubah kenyamanan ruang-ruang berkumpulnya masyarakat. Untuk itulah, PICO bekerja sama dengan beberapa perusahaan lokal maupun perusahaan internasional, mahasiswa, relawan, dan lebih penting lagi anggota masyarakat itu sendiri, untuk menentukan lima tempat paling strategis dan mengubahnya menjadi struktur bangunan produktif demi membawa rasa persatuan dan keamanan.

Selama enam minggu digelarnya lokakarya untuk menentukan tujuan itu, akhirnya diputuskan mengambil beberapa bangunan yang diharapkan bisa diubah untuk membawa perubahan sosial dalam masyarakat. Selama ini, kondisi sosial di sana lebih banyak ditandai dengan kekerasan dan kurangnya hubungan atau tanggung jawab masyarakat di antara mereka sendiri.

Metamorfosis dari sebuah situs atau bangunan hancur di ruang publik dapat digunakan untuk anggota masyarakat lainnya untuk tujuan lebih baik. Tujuan yang membawa kebanggaan di antara warganya dan hubungan harmonis satu sama lain karena mereka sebetulnya telah memberikan kontribusi bagi perbaikan wajah kota yang selama ini compang-camping.
 

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me