Cara Cerdas Merenovasi Kolam Renang

Big Banner

SolusiProperti.com – Untuk membangun keselarasan dan keseimbangan rumah dengan alam, terkadang kita harus menempatkan unsur air di dekat rumah kita. Dan salah satu unsur air yang kerap ditemukan di rumah-rumah adalah kolam renang yang biasanya ditempatkan di samping rumah. Kolam renang tak hanya berperan sebagai unsur air yang menyelaskan rumah dengan lingkungan sekitar, tapi juga sebagai salah satu simbol status sosial, terutama di Indonesia.

Memiliki kolam renang pribadi di rumah mungkin adalah idaman setap orang. Kolam renang di sebuah rumah tak hanya berperan sebagai salah satu sarana olahraga yang menyehatkan, tapi juga sebagai simbol status sosial. Dan menjadi salah satu bagian rumah yang penting, membangun serta merenovasi kolam renang tentu menjadi hal yang penting pula bagi si pemilik rumah. Ketika Anda berencana merenovasi kolam renang, tentu Anda mulai berfikir tentang pemilihan dekorasi serta benda-benda apa saja yang tepat untuk menciptakan tampilan kolam renang yang menarik. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda sisipkan dalam perencanaan renovasi kolam renang di rumah Anda:- Buat pinggiran kolam renang dari kayu solid atau ubin
Merenovasi kolam renang tak berarti membuat perubahan total pada kolam renang. Terlebih bila dana yang Anda siapkan untuk proses renovasi ini sedikit, tentu Anda tak bisa leluasa bereksperimen dengan desain dan furnitur tambahan untuk kolam renang tersebut. Maka dari itu, cukup lakukan renovasi sederhana. Atau, bila sebelumnya kolam renang Anda telah diberi pinggiran, maka Anda bisa mengganti pinggiran tersebut untuk memberikan sentuhan dan tampilan baru pada kolam renang pribadi di rumah Anda. Dengan demikian, Anda bisa sedikit bereksperimen dengan kolam renang Anda melalui pemilihan bahan dan warna ubin yang baru.

Tambahkan gazebo di tepi kolam renang
Ketika selesai berenang, tentu tubuh akan sedikit merasa lelah dan butuh beristirahat sejenak dengan cara duduk santai atau berbaring. Oleh karena itu, tak ada salahnya menempatkan gazebo di tepi kolam renang sebagai sarana untuk mengistirahatkan tubuh sejenak setelah selesai berenang. Selain itu, Gazebo ini juga bisa Anda gunakan sebagai tempat meletakkan pakaian, makanan, dan minuman Anda. Atau, gazebo juga bisa digunakan sebagai ruang tunggu bagi rekan Anda yang tidak ingin berenang selagi menunggu Anda selesai berenang.

Pilih pencahayaan yang tepat
Meskipun berlokasi di luar ruangan, hal ini bukan berarti Anda tak perlu memberi pencahayaan pada area kolam renang. Mungkin Anda adalah salah satu tipikal orang yang gemar berenang di malam hari, maka peran pencahayaan di area sekitar kolam renang sangat vital. Anda bisa menempatkan lampu taman di dekat kolam renang atau di sekitar Gazebo. Untuk membuat tampilan kolam renang yang berbeda, Anda bisa juga menerapkan pencahayaan di dalam air sehingga akan menciptakan pantulan cahaya yang keemasan. Adapun untuk menciptakan suasana dramatik di sekitar kolam renang, tempatkan pencahayaan dekat dengan benda-benda seperti pohon, patung, atau bangku taman.

Letakkan home sauna, spa, atau hot tub
Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa melakukan sauna dan spa secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, tak ada salahnya untuk menempatkan home sauna set di rumah Anda. Salah satu lokasi yang tepat untuk menempatkan sauna dan spa adalah di samping kolam renang. Hal ini karena peralatan operasional untuk menyedot dan memompa air untuk kolam renang bisa juga digunakan sebagai peralatan operasional untuk home sauna dan spa, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya operasional dua kali.

Bila Anda memiliki anggaran lebih untuk merenovasi kolam renang Anda, tak ada salahnya menghiasi dinding sekeliling kolam renang dengan air terjun buatan. Air terjun ini bisa berukuran kecil ataupun besar tergantung Anda, namun untuk memberi kesan yang alami sebaiknya pilih air terjun buatan yang berkuran kecil dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Tambahkan pula beberapa batuan di bawah air terjun untuk memperkuat tampilan air terjun agar terlihat alami.

 Membangun area barbeque di sekitar kolam renang
Anda senang menggelar outdoor atau garden party bersama keluarga dan rekan Anda? Jika ya, maka Anda bisa memanfaatkan sisi atau ruang kosong di dekat kolam renang sebagai tempat untuk meletakkan peralatan barbeque. Posisikan panggangan dekat dengan gazebo untuk meletakkan makanan, minuman, serta bahan – bahan yang dibutuhkan selama proses membuat barbeque. [mal]

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me