Ini Dia 5 Masalah Pokok Para Pengembang

Big Banner

Rombongan warga menentang aksi mafia tanah

 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat (Pera) Basuki Hadimuljono sejak dilantik, langsung tancap gas. Khusus untuk ranah perumahan, ia langsung bertatap muka dan mendiskusikan berbagai masalah dengan para pengembang.

 

Berikut ini 5 masalah utama pengembang yang sudah masuk dalam kantong sakunya pak menteri:

 

  1. Proses perinjinan yang panjang dan bertele-tele karena harus melewati 28 jenis perijinan. Pemerintah akan memangkas prosedur ini.
  2. Kepastian hukum mengenai tanah dimana untuk mengatasi ini kementerian tidak bisa bekerja sendirian dan harus menggandeng pihak lain seperti Kementerian Agraria dan Tata Ruang.
  3. Masalah ketiga adalah terkait infrastruktur permukiman. Terbatasnya infrastruktur harusnya tidak menjadi “alasan” bagi pengalihan subsidi bahan bakar minyak. Memang ada bagian cukup besar dari relokasi subsidi BBM untuk keperluan infrastruktur.
  4. Masalah seputar pembiayaan. Kementerian PU-Pera akan mengatur regulasi yang sesuai dengan pembiayaan rumah. Khususnya, pembiayaan rumah bersubsidi melalui FLPP.
  5. Masalah selanjutnya adalah aturan mengenai hunian berimbang. Menteri Perumahan Rakyat sebelumnya sempat mengajukan nama-nama pengembang ke Kapolri. “Saya dengar ada masalah hukum. Sudah koordinasi dengan Kapolri dan insyaallah saya akan bereskan.? Ini kan shock therapy. Bagus kan? Tapi, sebaiknya jangan dilakukan,” pungkasnya. (Foto: Istimewa)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me