Beli Rumah Sekarang Saja, Jangan Tunda Bulan Depan

Big Banner

Gerai salah satu pengembang di sebuah pameran properti di JCC

 

 

Hingga hari pertama pencabutan subsidi bahan bakar minyak (BBM) pasar properti masih tampak seperti hari-hari sebelumnya. Belum ada perubahan yang berarti. Setidaknya itu yang nampak dari arena Real Estate Expo di Jakarta Convention Center (JCC) kemarin pagi, Selasa 18/11/2014. Anto, Head of Marketing salah satu pengembang di kawasan Bekasi Barat yang ditemui mengatakan, sejak hari pertama pengunjung sudah mahfum jika harga BBM akan naik dan pasti harga rumah juga naik.

 

“Jadi pengumuman semalam enggak mengejutkan. Kalau pagi ini belum begitu ramai, ya sama aja kayak kemarin pagi. Minggu pagi lebih ramai karena pada libur kan?,” ujarnya kepada Rumah123.com, Selasa kemarin.

 

Demikian pula dengan beberapa pengunjung yang datang ke arena pameran. Jefrry, wiraswastawan asal Serpong ini menyempatkan diri untuk datang ke JCC. Niatnya ingin mencari perumahan sekitar Serpong atau Bintaro untuk investasi. Menurut pemilik beberapa unit ruko di Gading Serpong ini, kalau investor justru saat-saat seperti ini harus beli.

 

“Mumpung harganya belum naik lho. Kalau BBM baru diumumin semalam, harga properti enggak langsung naik. Nah, belinya sekarang karena kalau ditunda bulan depan, harga udah melambung,” ujarnya semangat.

 

Jeffry bilang, dia dan teman-temannya yang suka berinvestasi di properti merasa kenaikan BBM kali ini tidak terlalu berdampak buat mereka. Aturan Bank Indonesia tentang Loan to Value (LTV) itu yang paling menghantam mereka. “Ya, kayak gini kalau mau nambah portofolio investasi properti, peluang kita untuk dapetin DP rendah dari pembiayaan perbankan jadi tertutup. Ya, kita harapkan BBM naik tapi Bank Indonesia bisa perlonggar aturan itu.” (Foto: Istimewa)

rumah123.com