Harga Rumah Naik 20 Persen Pasca Kenaikan BBM

Big Banner

Harga BBM telah resmi naik, Selasa (18/11). Salah satu akibatnya adalah kenaikan harga bahan bangunan sekitar 7-12  persen. Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda  mengatakan, hal ini ternyata juga berdampak pada kenaikan harga rumah yang dapat mencapai 20 persen. 

“Kenaikan harga BBM Rp2.000, belum terlalu luar biasa terhadap harga bahan bangunan, tapi kenaikan lebih pada psikologis, itu lebih tinggi lagi, karena secara psikologis, mungkin tadinya 12 persen jadi 15-20 persen,” ujar Ali, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Namun Ali menambahkan bahwa kenaikan harga rumah tidak akan langsung bergejolak karena penjualan rumah khususnya di Jabodetabek sedang mengalami penurunan. Sehingga kemungkinan kenaikan harga rumah baru akan dimulai pada awal tahun depan.

Meskipun pembeli properti akan terpukul atas fenomena ini, namun Ali menjelaskan, calon pengembang adalah pihak yang paling paling terpukul, termasuk calon pengembang yang belum membangun rumah, tapi harga bahan bangunan sudah naik. Biaya pasti membengkak, dan para pengembang harus melakukan antisipasi terhadap hal tersebut.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me