Hari Toilet Sedunia, Pemerintah Bangun Banyak MCK

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah ikut mendukung Hari Toilet Sedunia yang jatuh setiap tanggal 19 November. Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), pemerintah aktif melakukan penataan lingkungan perumahan di kawasan perkotaan dan pedesaan melalui pembangunan sanitasi.

Menurut Deputi Bidang Kawasan Agus Sumargiarto, kementeriannya telah melakukan program peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh (BSPK). “Kami telah melaksanakan pembangunan mandi cuci kakus (MCK) sebanyak 760 unit tahun 2013 dan 1.550 unit tahun 2014,” katanya di Jakarta, Rabu (19/11).

MCK

(Ilustrasi) MCK

Tipe toilet yang dibangun antara lain 2-2-2 (2 kamar mandi, 2 tempat cuci, 2 toilet), 3-2-3 (3 kamar mandi, 2 tempat cuci, 3 toilet), dan 5-2-5 (5 kamar mandi, 2 tempat cuci, 5 toilet).

Selain MCK dibangun juga drainase lingkungan perumahan. Pemerintah berharap program pembangunan MCK ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya sanitasi yang baik di lingkungannya.

Berdasarkan data organisasi kesehatan dunia WHO, pada tahun 2014 sekitar 25 persen masyarakat dunia masih buang air besar sembarangan. Ini terjadi pada masyarakat perkotaan dan pedesaan yang belum dilengkapi sarana MCK.

Editor: H. Prasojo

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me