Lima Langkah Penting Sebelum Beli Apartemen

Big Banner

Sebuah apartemen di segitiga emas Jakarta

 

 

Apartemen kini sudah bukan simbol kemewahan. Kini dia sudah menjadi kebutuhan khususnya warga perkotaan. Suplai apartemen di Jabodetabek, contohnya, melimpah sepanjang tahun. Demikian pula permintaannya, tak cuma pembeli atau investor. Penyewa pun kian banyak, seiring dengan tingginya biaya transportasi ke tempat kerja dan kemacetan yang semakin parah.

 

Anda pun mungkin satu dari sekian banyak orang yang sedang menimang untuk membeli maupun menyewa unit apartemen. Berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuat keputusan menyangkut apartemen pilihan Anda. 

 

1. Credo mengenai lokasi

Apartemen memang bukan rumah tapak atau landed house. Meski berbentuk jangkung, lokasi dimana apartemen berada pun tetap penting. Survei untuk mengenal lebih baik lokasi apartemen dan lingkungan sekitar adalah penting. Karena kebanyakan apartemen berada di titik akses transportasi yang bagus, cek bagaimana lalu lintas keluar masuk kawasan apartemen, terutama di jam-jam sibuk. 

 

2. Fasilitas Parkir Penghuni dan Tamu

Ada yang mengatakan apartemen dengan kompleks yang sempit, tidak banyak areal parkirnya. Pun sebaliknya. Namun belakangan ini, jangankan apartemen dengan areal parkir luas, superblock sekelas Kalibata City pun nyaris tidak memiliki space yang luas untuk parkir. Anda perlu mengecek secara detail bagaimana ketersediaan fasilitas parkir di kawasan apartemen itu, baik untuk penghuni maupun untuk tamu. 

 

3. Perhatian atas Latarbelakang Penghuni

Bukan bermaksud untuk berburuk sangka. Tapi mengingat lingkungan apartemen yang biasanya sangat individual, sangat penting untuk mengutamakan keamanan. Anda tentunya tidak ingin merasa khawatir dan was-was di tempat tinggal sendiri. 

 

4. Penjagaan 24 Jam
Pastikan apartemen memiliki staf, penjaga keamanan atau petugas maintenance yang bekerja 24 jam dan bisa dihubungi kapanpun. Hal ini penting jika terjadi situasi darurat seperti banjir atau kebakaran. Jika Anda mendapati pengelolaan apartemen yang kurang baik, maka kemungkinan pihak manajemen apartemen akan lambat merespon keluhan Anda.
 

 

5. Lantai Apartemen
Pertimbangkan juga di lantai berapa Anda akan tinggal. Jika Anda berencana tinggal sendiri, bisa memilih lantai yang lebih tinggi untuk keamanan dan kenyamanan. Tapi biasanya, semakin tinggi lantai, harganya juga lebih mahal.

Sementara lantai bawah, lebih cocok bagi Anda yang sudah berkeluarga, tinggal berdua atau bertiga. Namun waspadalah, kamar-kamar di apartemen bawah biasanya lebih rentan dimasuki pencuri atau perampok. Pasanglah alat keamanan demi keselamatan Anda. (Foto: Istimewa)

rumah123.com