Kalah dari Thailand, Indonesia Menempatkan 65 Hotel Terbaik versi Agoda.com

Big Banner

KOMPAS.com – Indonesia hanya menempatkan 65 hotel sebagai peraih penghargaan bergengsi Gold Circle Awards 2014 yang digagas Agoda.com. Kalah jauh dibanding Thailand yang menempatkan sejumlah dua kali lipatnya yakni 123 hotel.

Namun demikian, Indonesia unggul di atas Malaysia dengan 53 hotel, Filipina 64 hotel, dan Singapura 15 hotel. Penghargaan diumumkan pada pekan lalu. Sementara penganugerahan akan dilakukan pada Desember 2014.

Agoda.com merupakan salah satu situs pemesanan hotel terkemuka di Asia. Mereka telah menyelenggarakan Gold Circle Awards selama enam kali. Penghargaan ini diberikan kepada perhotelan di seluruh dunia yang merepresentasikan kualitas terbaik pengelolaan secara online.

Hotel-hotel yang berhak menerima penghargaan adalah yang dinilai terbaik berdasarkan ulasan pelanggan secara agregat, harga yang kompetitif, pemanfaatan situs Agoda.com, dan penerapan Yield Control System, serta pemahaman yang mendalam mengenai kompleksitas industri perhotelan melalui pemesanan secara online.

Kami sangat senang mengumumkan pemenang Gold Circle Awards 2014. Dalam industri yang sangat kompetitif, kemajuan perhotelan terjadi sangat pesat. Terutama karena komitmen penggunaan teknologi mutakhir yang dikombinasikan dengan layanan kelas dunia,” ujar Global Vice President Hotel Agoda.com, Errol Cooke.

Sebagai indikator kemajuan industri perhotelan, lanjut Cooke, para tamu dapat mengetahui hotel yang mereka pesan sesuai yang dibutuhkan dan berada di garis depan industri secara online.

“Kami berharap dapat memperluas pelayanan di hotel-hotel seluruh dunia. Dan penghargaan ini diberikan kepada 1.025 properti,” imbuh Cooke.

Adapun hotel-hotel di Indonesia yang menerima penghargaan Gold Circle Awards 2014 sebagai berikut: 25 hotel di Bali, di antaranya Anantara Bali Uluwatu Resorts & Spa, Harris Resort Kuta Beach, Courtyard by Marriott Bali Nusa Dua, W Retreat & Spa Seminyak, dan The St Regis Bali.

Selanjutnya satu hotel di Balikpapan, Kalimantan Timur, yakni Swissbel Hotel, tujuh hotel di Bandung yang antara lain Grand Preanger, The Luxton, Sapu Lidi, The Papandayan, dan Summer Hill Private Villa & Hotel, serta dua hotel di Batam, satu hotel di Bintan dan Bogor, dan sepuluh hotel di Jakarta.

Menyusul kemudian, empat hotel di Lombok, satu hotel masing-masing di Magelang, Makassar, Malang, Manado, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Puncak, Semarang, Tangerang dan Solo. Sementara di Surabaya, terdapat tiga hotel yang mendapat anugerah Gold Circle Awards 2014 yaki Bumi Surabaya City Resort, Grand Darmo Suites, dan Sheraton Surabaya Hotel & Towers.

Terakhir, Yogyakarta dengan empat hotel yaitu Eastparc Hotel, Grand Aston Yogyakarta, Dafam Fortuna Malioboro, dan Sheraton Mustika.

properti.kompas.com