Ternyata, Ada 50 Jenis Ijin untuk Bangun Proyek Perumahan

Big Banner

50 jenis ijin ini sedang diinventarisir untuk dikaji agar perijinan pembangunan perumahan lebih simpel dan singkat

 

 

Kalau beberapa waktu lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Basuki Hadimuljono menyebut ada 28 perizinan yang harus dilalui pengembang untuk membangun proyek perumahan, pihak pengembang mengaku jumlahnya lebih dari itu. Pengembang menyatakan ternyata izin yang harus diurus lebih dari 28.

 

“Bukan 28, tapi ada 50 perizinan. Tadi malam sudah kita bedah,” ungkap Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi Real Estat Indonesia, Setyo Maharso, di acara Rakernas REI di Jakarta, kemarin.

 

Setyo mengatakan, terdapat sekitar 11 poin penting perizinan secara garis besar. Nah, di dalamnya terdapat turunan sub poin, sehingga kalau dijumlahkan, totalnya ada 50 poin yang harus dilalui pengembang.

 

?Dia tak menyebut secara rinci apa saja 50 poin tersebut. Pengembang bakal merumuskan dan mengeliminasi beberapa poin perizinan yang tak penting, karena beberapa di antaranya ada yang tumpang tindih. Kemudian, rekomendasi tersebut akan diserahkan ke pemerintah.

 

“Nanti kita akan serahkan ke pemerintah untuk revolusi perizinan. Ini permasalahan biaya dan waktu,” tegasnya. (Foto: Istimewa)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me