Prospek Properti Cerah, Existing Home Sales AS Tembus Level Tertinggi

Big Banner

Tingkat penjualan rumah di AS berhasil melonjak ke tingkat tertingginya dalam lebih dari satu tahun terakhir di bulan Oktober dan melampaui tingkat penjualan tahun lalu untuk pertama kalinya pada tahun 2014 ini. Hal ini menjadi sebuah bukti lebih lanjut bahwa pasar perumahan di negara ini telah kembali ke jalur pemulihan yang diharapkan.

The National Association of Realtors (NAR), melaporkan bahwa tingkat penjualan rumah yang sudah ada tercatat naik 1,5 persen di tingkat tahunan menjadi sebanyak 5.260.000 unit, tingkat ini adalah yang tertinggi sejak September tahun lalu. Tingkat penjualan naik 2,5 persen dibandingkan tahun lalu, pertama kali sejak Oktober 2013 lalu. Sebelumnya ekonom memperkirakan tingkat penjualan justru akan jatuh menjadi 5.160.000 unit saja.

United States Existing Home Sales

Pasar perumahan secara perlahan telah membaik setelah pergerakannya sempat terhenti di semester kedua tahun 2013 lalu. Meski demikian, saat ini pertumbuhan upah di negara ini masih lamban, penurunan suku bunga KPR baru-baru ini cukup membantu penjualan rumah. Sebuah laporan terpisah pekan ini dari Mortgage Bankers Association menunjukkan bahwa aplikasi untuk pinjaman pembelian rumah melonjak pada pekan lalu.

Membaiknya perekonomian di AS ini seiring dengan analisa ekonom dari Dana Moneter Internasional (IMF) yang mengemukakan bahwa pemulihan ekonomi AS yang telah terpukul karena perubahan cuaca ekstrem di tahun ini akan mengalami pertumbuhan tercepatnya di tahun depan. IMF optimis terhadap prospek Amerika, seiring pasar tenaga kerja yang terus membaik, upah naik dan pasar perumahan yang “sehat”. Sebab itu, IMF menetapkan proyeksi pertumbuhan AS tahun depan sebesar 3%, sebagai ekspansi tercepat sejak 2005.

 

 

 

Stephanie Rebecca/Equity Analyst at Vibiz Research Center/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: wikmedia

vibiznews.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me