Venesia Larang Turis Tarik Koper dan Pasang “Gembok Cinta”

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Tersohor sebagai kota air dengan gondolanya, Venesia juga tenar dengan gedung-gedung tua berarsitektur klasik. Jalan-jalannya berbatu khas abad pertengahan, terawat apik. Itu semua membuat Venesia menjadi salah satu tujuan wisata favorit pelancong dunia. Setiap tahunnya kota kecil di Italia ini didatangi lebih dari 20 juta wisatawan.

Baru-baru ini pemerintah kota Venesia mengeluarkan aturan unik. Wisatawan  yang datang dilarang menarik kopernya di jalan-jalan kota. Bila melanggar siap-siap bayar denda. Jumlah dendanya tidak tanggung-tanggung, 500 Euro, setara Rp7,5 juta.

Kota Venesia

Kota Venesia

Beleid yang akan berlaku pada Mei 2015  itu bukan dimaksudkan untuk membatasi pergerakan pelancong.  Aturan itu lahir karena ada protes penduduk setempat yang merasa terganggu dengan bunyi gesekan roda koper di jalan dan jembatan kanal. Gangguan suara itu tidak hanya siang hari, tapi juga malam hari sehingga mereka terganggu tidurnya.

Menurut Dewan Kota Venesia, aturan itu muncul juga karena kekhawatiran gesekan roda koper itu bisa merusak batu pelapis jalan dan jembatan yang usianya sudah ratusan tahun.  Denda itu dikecualikan untuk  koper yang menggunakan roda berbahan karet. Selain tidak berisik, juga tidak merusak jalan. Masalahnya, penggunaan roda karet juga sangat dibatasi. Aturan ini juga berlaku bagi warga lokal.

Pemerintah kota juga mulai membatasi aktivitas memasang “gembok cinta” di beberapa jembatan. Ini untuk menjaga jembatan-jembatan tua agar tidak cepat rusak. Pasalnya, para pelancong kerap memasang “gembok cinta” yang akan membebani jembatan-jembatan batu tua. Karena itu, beberapa bulan lalu, pemerintah kota membuang sekitar 20.000 “gembok cinta” yang dipasang di jeruji jembatan Rialto dan Accademia.

Selain itu lalu lintas di kanal juga dibatasi. Sama seperti soal koper, dasar aturan ini juga bertolak dari  keluhan warga. Mereka  terganggu oleh suara dari gondola dan kapal yang hilir-mudik di kanal. Untuk itu, setiap gondola kini dilengkapi alat berbasis GPS, sebagai dasar mengatur lalu lintasnya.

Apakah Anda sudah merancang liburan Natal dan tahun baru ke Venesia? Jangan lupa periksa roda koper dulu dan jangan meninggalkan “gembok cinta.”

(Sumber: BBC & International Business Times)

 

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me