Tips Menggunakan Warna Gelap Dalam Rumah

Big Banner

SolusiProperti.com – Tak hanya menggunakan warna-warna terang, ternyata sebagian orang menyukai warna-warna gelap untuk memulas hunian mereka. Lantas, kapan dan dimana warna-warna gelap dapat digunakan?

Gelap dan terang merupakan keadaan yang membentuk dua unsur utama dalam feng shui, yaitu Yin dan Yang. Prinsip desain dengan feng shui menghendaki ada dua unsur Yin dan Yang yang dimunculkan dalam desain.

Warna merupakan faktor bentuk (form), dimana warna gelap bersifat Yin dan warna terang bersifat Yang. Aktivitas Yin maupun aktivitas Yang, memerlukan unsur Yin dan Yang dalam bentuk arsitektur yang memenuhi prinsip Keharmonisan menurut feng shui.

Aktivitas yang bersifat Yin, tentu membutuhkan ruang Yin. Contohnya, istirahat, bersantai, dan tidur. Sebaliknya, aktivitas Yang memerlukan ruang Yang. Contohnya, bekerja, memasak, makan, berkumpul keluarga, dan melakukan fitnes di rumah.

Tidur, istirahat, rileks menonton televisi memerlukan ruang Yin. Dengan sendirinya, warna-warna gelap (Yin) perlu ditonjolkan di sini. Sebaliknya, tempat aktivitas memasak, bekerja, olah fisik memerlukan warna-warna terang (Yang).

Pertanyaannya, apakah warna gelap juga boleh dipergunakan pada ruang yang bersifat Yang? Jawabnya: tentu saja boleh! Pasalnya, terlalu banyak sinar matahari yang masuk dalam ruangan dan penggunaan warna-warna cerah, memerlukan warna-warna gelap sebagai pengontrol, sehingga tercipta keseimbangan.

Fei Xing dan Fenomena Hantu
Menurut Metode Fei Xing (Flying Star), energi Chi yang terdistribusi ke dalam ruangan terbagi menjadi energi Yang dan Yin. Energi itu diberi simbol angka 1 sampai 9.

Energi Yang adalah: Bintang-1 (Kan), Bintang-3 (Chen), Bintang-6 (Chien), dan Bintang-8 (Gen); sedangkan energi Yin adalah: Bintang-2 (Kun), Bintang-4 (Xun), Bintang-7 (Tui), dan Bintang-9 (Li).

Dengan menggunakan metode ini bisa diketahui sektor dalam rumah yang bersifat Yin, Yang, atau campuran Yin dan Yang.

Ruangan yang memiliki banyak energi Yang (1, 3, 6, atau 8), baik menggunakan warna-warna gelap untuk mengimbangi warna terang. Sebaliknya, pada ruangan yang memiliki banyak energi Yin (2, 4, 7, atau 9) sebaiknya menggunakan warna-warna terang untuk mengimbanginya.

Hal yang sangat penting diketahui adalah jika sebuah ruangan memiliki energi Yin sangat besar (berkumpul energi Chi Bintang 2, 4, 7, dan 9), maka akumulasi energi Yin akan menimbulkan pengaruh buruk pada penghuni rumah. Apalagi jika ruangan ini tidak cukup cahaya matahari dan ventilasi udara, fenomena hantu bisa saja terjadi.

Feng shui, fenomena ini terjadi karena akumulasi energi Yin yang dipicu oleh faktor luar yang juga bersifat Yin, seperti: sungai, kuburan, pohon pisang, dan sebagainya. Pengaruh luar sangat besar terhadap interior rumah.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me