Solusi Rumah Dekat Dengan Pekuburan

Big Banner

SolusiProperti.com – Banyak orang enggan membeli rumah yang dekat dengan makam atau kuburan, lantaran sering diidentikkan dengan tempat yang menyeramkan.

Menurut ilmu feng shui, makam adalah tempat arwah yang memiliki energi negatif atau yin—berbeda dengan dunia manusia yang berenergi yang.

“Kuburan juga merupakan tempat orang menangis, bahkan tak jarang tangisan histeris. Energi seperti ini yang sebenarnya tidak cocok bagi rumah,” jelas pakar feng shui Mauro Rahardjo.

Meski demikian, pekuburan harus dilihat kondisinya. Pada dasarnya, semakin besar area pekuburan, maka semakin besar pengaruh energi yin-nya.

Menurut Mauro, energi yin akan melemah pada pekuburan yang terang, terawat, dan sudah lama tak diisi makam baru. “Di dekat pekuburan seperti ini boleh saja dibangun properti,” tutur pendiri Feng Shui School of Indonesia ini.

Energi yin sangat mudah dirasakan manusia. Bila sebuah pekuburan terasa menyeramkan, maka bisa dipastikan energi yin di sana besar. Suasana menyeramkan di sebuah pemakaman, dapat disebabkan banyaknya pohon—terutama yang berukuran besar—sehingga menyebabkan lokasi terlalu teduh atau pekuburan tidak memiliki cukup penerangan.

Dilihat dari lokasi, jelas Mauro, pengaruh yin sangat kuat jika makam berada di depan rumah. Pasalnya, makam yang mudah terlihat dari rumah mendatangkan suasana seram.

“Posisi makam yang lebih tinggi dari rumah juga memiliki hawa yin yang lebih besar,” tuturnya.

Tindakan Antisipasi
sebagai tindakan antisipasi, pemilik rumah harus memerhatikan ‘jarak aman’ dari kuburan. Cara menghitungnya seperti menghitung jarak pohon.

“Jika di depan rumah ada pohon setinggi 10 meter, sementara jarak antara rumah dengan pohon hanya delapan meter, maka pasti pohon akan berpengaruh bagi rumah,” papar Mauro.

Sama halnya dengan kompleks pemakaman. Jika lebar pekuburan 100 meter, sementara jarak rumah dengan pekuburan cuma 30 meter, maka pengaruhnya akan besar. Sementara jika jaraknya lebih besar dari lebar pekuburan maka tidak akan banyak pengaruhnya.

Warna Merah

Mauro memaparkan, jika memiliki kavling rumah yang berhadapan dengan makam, solusi terbaik adalah memundurkan bangunan rumah sejauh mungkin dari makam. Kemudian, di halaman depan sebaiknya ditanam tumbuhan yang memiliki unsur api sebagai buffer.

“Tanaman yang mewakili unsur api umumnya memiliki warna dominan merah, seperti palem merah, flamboyan, atau tumbuhan perdu dengan warna merah pekat,” jelas Mauro.

Jika rumah menempel dengan pemakaman, Mauro menyarankan agar tembok yang berbatasan langsung dengan pemakaman dicat merah agar hawa yin bisa dikurangi. Penerangan dan penghawaan di ruang yang berbatasan langsung juga harus cukup.

“Jika tidak, penghuninya bisa sakit-sakitan, kesurupan, atau rumah diganggu hantu,” tandas Mauro.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me