Kenali Jenis Kayu Untuk Furnitur

Big Banner

SolusiProperti.com – Tidak perlu takut memadupadankan furnitur kayu dengan desain ruangan Anda. Asalkan pilihan itu tepat maka perpaduannya akan semakin baik.

Jika Anda mengunjungi toko furnitur akan mendapatkan variasi bentuk dan material yang beragam. Untuk itu, perlu mengetahui bahan baku furnitur yang akan dipilih. Nah, dalam mendapatkan kualitas yang terbaik, ada baiknya Anda mengenal jenis kayu sebelum memutuskan membeli furnitur. Artikel ini terbagi dalam dua bagian.

 

Kayu Jati

 

Kayu yang memiliki warna coklat tua ini merupakan jenis kayu yang berkualitas prima. Jenis kayu ini banyak diminati karena memiliki tekstur dan serat yang khas. Bentuk uratnya tegas dan lebar-lebar. Di pasaran juga terdapat jati muda yang memiliki ciri khas. Seperti warnanya yang coklat lebih pucat.

 

Memang ada beberapa jenis kayu jati yang dibedakan berdasarkan asalnya, seperti jati Jawa Timur, jati Jawa Tengah dan jati Jawa Barat. Jati asal Jawa Timur lebih kuat dibandingkan jati asal Jawa Tengah maupun Jawa Barat. Karena tampilannnya yang khas tersebut, furnitur berbahan jati biasanya bergaya etnik, klasik dan mewah.

 

Selain tampilannya yang menarik, kayu jati juga memiliki daya tahan lebih kuat dibandingkan jenis kayu lainnya. Akan tetapi kayu jati lebih berat dibandingkan jenis kayu furnitur lainnya. Tentu harganya pun jauh lebih mahal.

 

Kayu Sungkai

 

Jenis kayu ini semakin popular penggunaannya sebagai alternatif pengganti kayu jati. Memiliki alur urat kayu beraturan, akan tetapi seratnya lebih lunak dibandingkan jati. Warnanya jauh lebih terang dari jati. Harganya pun jauh lebih murah, tetapi masih lebih mahal dibandingkai kayu nyatoh. Meski seratnya lebih lunak dibandingkan jati, kayu sungkai cukup baik dan kuat sebagai bahan furnitur dalam ruangan.

 

Kayu Nyatoh

 

Kayu ini disebut juga sebagai jenis kayu jati muda yang berasal dari Riau. Kelebihannya  yang memiliki daya tahan terhadap serangan rayap dan tahan lama. Kayu nyatoh juga memiliki guratan-guratan serat kayu yang khas. Serat kayunya berwarna coklat muda. Oleh karenanya tak heran jenis kayu ini menjadi pilihan sejumlah produsen furnitur untuk menghasilkan beraneka perabot berkualitas.

 

Jati Belanda

 

Kayu ini lebih akrab disebut sebagai kayu peti kemas, karena sering digunakan untuk mengemas barang-barang impor. Sebagai bahan furnitur, kayu ini sudah diminati sejak dulu sampai sekarang. Daya tarik utama kayu yang berwarna kuning muda ini terletak pada alur urat dan mata kayunya. Agar mata kayu tidak merusak penampilan perabot, maka proses penyerutan harus dilakukan secara manual dengan alat serut yang ramping dan tajam.

 

Kelebihan jati belanda, khususnya bekas bongkaran peti kemas, terletak pada kadar airnya yang sudah rendah, sesuai dengan standar luar negeri. Dampak positifnya kayu ini lebih tahan terhadap serangan rayap. Selain itu, kayu jati belanda harganya relative lebih murah dibanding beberapa jenis kayu solid lainnya. [mal]

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me