Jazirah Arab Dikepung Banyak Mal Raksasa

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Konsumerisme sudah lama melanda sejumlah negeri Timur Tengah. Orang-orang kaya dari jazirah Arab itu dikenal doyan belanja barang mewah di luar negeri. Kini simbol-simbol konsumerisme itu dihadirkan di depan mata di negerinya sendiri. Yaitu pembangunan mal atau pusat belanja secara besar-besaran di Uni Emirat Arab (UEA), Saudi Arabia, Mesir dan Qatar.  Menurut laporan terakhir Colliers International tentang Global Retail Highlight 2014, sedang terjadi antrian panjang pembangunan mal di kawasan itu. Tidak saja dalam jumlah, ukurannya juga super besar.  Colliers menyebut jazirah ini sedang mengalami mall booming.

Mall Of The World Dubai

Mall Of The World Dubai

Mal-mal utama yang sedang dibangun antara lain Yas Mall (235.000 m2) di Abu Dhabi dan Mall of Egypt (163.500 m2) di Kairo. Selanjutnya di Doha, Qatar, tengah dibangun tiga mal: Mall of Qatar (162.000 m2), Doha Festival City (250.000 m2) dan Place Vendome (230.000 m2). Dubai Holdings juga mengumumkan akan memulai pembangunan Mall of the World di Dubai pada kuartal pertama 2015.

Mall of the World akan menjadi mall terbesar sejagat raya. Bayangkan, luas ruang ritelnya (leaseble area) 743.000 m2 atau lima kali luas Grand Indonesia (142.000 m2). Mall yang berlokasi di seberang Mall of Emirates ini akan terkoneksi dengan 100 hotel dan kompleks apartemen dan entertainment center. Semua terhubung dengan pedestrian dan jalur trem berkanopi dan berpendingin (AC).

Proyek-proyek tersebut sudah direncanakan sejak lama dan sempat disimpan saat Dubai mengalami krisis keuangan. Kini dibangkitkan lagi dengan desain baru. Selain yang sudah disebut di atas, Dubai juga sedang melakukan ekspansi atas dua mall utamanya, yaitu Dubai Mall dan Mall of Emirates yang masing-masing menambah 100.000  dan 65.000 m2.

Mall of Egypt

Mall of Egypt

Kenapa pembangunan besar-besaran terus berlanjut di Dubai? Menurut Colliers, karena Dubai masih dipandang sebagai pintu masuk bagi peritel mewah kelas dunia ke kawasan Arab. Apalagi untuk merek baru dengan sistem franchise. Beberapa peritel yang masuk ke sini adalah Fortnum & Mason (Inggris), Hollister dan Abercrombie & Fitch (AS), lalu Monoprix (Prancis).

Menurut Colliers, di Qatar akan ada lebih dari 15 pusat belanja baru termasuk super-regional mall. Tak mau kalah bersaing, di Arab Saudi, Majis Al Futtaim, akan membangun pusat belanja terbesar di wilayah kerajaan itu seluas 250.000 m2. Konglomerat itu sudah memilih IKEA sebagai anchor tenant mall-nya. Al Futtaim adalah juga pemilik Mall of Egypt yang di dalamnya akan terdapat indoor ski slope. Adapun mall yang baru saja beroperasi di Kairo adalah Cairo Festival City (168.000 m2).

 

(Sumber: Colliers International)

Editor: H. Prasojo

housing.estate.com