Tips Merawat Furnitur Rotan

Big Banner

SolusiProperti.com – Anda pencinta kerajinan yang terbuat dari rotan, Antik dan futuristik, dua kalimat yang terlintas saat mendeskripsikan sebuah furniture yang terbuat dari rotan. Rotan selalu jadi daya tarik tersendiri untuk di gunakan sebagai perlengkapan interior dan eksterior rumah. Cara membuatnya juga tidak mudah karena di butuhkan keahlian, kreatifitas, serta kesabaran. Mayoritas rotan yang dijadikan furniture rumah lebih memberi hasil maksimal apabila di buat dengan tangan/handmade. Mungkin memakan waktu yang tidak sebentar namun soal hasil jelas tidak di ragukan. Karena detail menjadi lebih di perhatikan.

Lantas bagaimana dengan perawatan pada furniture rotan? Perlukah perawatan khusus secara berkala? Berikut cara merawat rotan agar tahan lebih lama :

1). Gunakan lap kering untuk menghilangkan debu. Lakukan pembersihan tersebut minimal seminggu sekali. Dan jangan gunakan bahan kimia karena dapat merusak rotan.

2). Untuk membersihkan kotoran serta debu yang terdapat di sela-sela, gunakan detergen. Gunakan detergen cair dan disarankan jangan terlalu tebal. Setelahnya, lap dengan kain kering. Disarankan untuk melakukan hal ini setiap bulan 1 kali.

3). Apabila warna rotan sudah terlihat pudar, cat kembali agar warnanya tetap terlihat cantik.

4). Tempatkan rotan di tempat yang tidak terkena langsung dengan sinar matahari dan hujan. Karena hal tersebut dapat menyebabkan rotan menjadi cepat pudar, kering, dan dalam tingkat parah akan rusak.

5). Agar terhindar dari rayap, gunakan larutan kamper dan minyak tanah. Cukup semprotkan larutan tersebut pada rotan atau masukkan dalam lubang yang di buat oleh rayap pada furniture rotan anda.

Pada dasarnya perawatan perabot rotan akan tetap terjaga jika di lakukan secara berkala. Meski perlu perawatan khusus, rotan kerap menjadi alternatif yang menarik untuk di pilih demi mempercantik interior ruangan rumah Anda. [mal]

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me