PP Akan Ekspansi ke Australia Bangun Residensial

Big Banner

Jakarta – Perusahaan konstruksi dan investasi PT Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT PP Properti mengembangkan bisnis ke Perth, Australia, membangun residensial hunian apartemen dan pusat komersial dengan investasi sekitar Rp 1,1 triliun.

“Ekspansi usaha PP ke Australia akan dimulai 2015 dan sejalan dengan peluang bisnis properti yang cukup tinggi di negara itu,” kata Direktur Keuangan PP Tumiyono usai menggelar analis meeting di Jakarta, Rabu (26/11).

Menurutnya, PP segera merampungkan kajian mendalam termasuk menyelesaikan berbagai aspek mulai dari akuisisi lahan hingga aspek legal yang dibutuhkan dalam berinvestasi di negeri Kangguru tersebut.

PP akan menggandeng salah satu dari dua perusahaan konstruksi terkemuka di Australia, Brookfield Multiplex Limited dan Pindan Construction.

Dengan menggandeng mitra lokal di Australia akan didirikan perusahaan patungan (joint venture) dimana PP menjadi pihak mayoritas sebesar 51 persen.

“Saat ini perseroan masih dalam tahap pembicaraan dengan calon mitra setempat untuk pembentukan perusahaan patungan baru tersebut,” ujar Tumiyono.

Jenis properti yang akan dibangun tersebut adalah apartemen 12 unit tower, dengan masa pembangunan sekitar 3 tahun.

“Triwulan I persiapan kerja sama diharapkan sudah rampung, untuk selanjutnya pada triwulan II memasuki tahap ‘ground breaking’, katanya.

Terkait pembiayaan tambah Tumiyono, sebesar 30 persen berasal dari ekuitas perusahaan, sedangkan sisanya diupayakan dari pinjaman perbankan.

“PP sesuai porsinya akan mengalokasikan dana sekitar Rp150 miliar. Kita juga sedang menjajaki pinjaman dari bank setempat,” ujarnya.

Menurut catatan, selain Australia, PP sebelumnya juga sudah ekspansi usaha ke Timor Leste dengan menyelesaikan sejumlah fasilitas gedung seperti Gedung Kementerian Keuangan, pusat perbelanjaan AGP Square, dan pembangunan ruas jalan di wilayah itu.

Penulis: /FQ

Sumber:Antara

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me