Jepang Siap Dukung Pembangunan Proyek Infrastruktur

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Jepang  siap membantu pembangunan proyek-proyek infrastruktur di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera). Selain proyek jalan dan jembatan, proyek infrastruktur juga mencakup sumber daya air. Pembangunan sumber daya air akan menjadi perhatian Kementrian PU-Pera mengingat Presiden Joko Widodo dalam lima tahun akan membangun 30 – 49 waduk.

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera)

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera)

“Jadi kerja sama ini (dengan Jepang) akan sangat baik dan saya berharap kerja sama ini akan semakin erat,” ujar Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono saat membuka The Second High Level Meeting on Infrastructure Development antara Kementerian PU-Pera dan pihak Jepang di Jakarta, Rabu (26/11).

Pertemuan ini tindak lanjut dari pertemuan pertama yang berlangsung pada 9 September 2013. Menurut Basuki, pihak Jepang yang akan terlibat dalam proyek infrastruktur di Indonesia adalah Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata, dan Japan International Cooperatioan Agency (JICA).

Salah satu bentuk kerja sama yang akan dilakukan antara lain pertukaran tenaga ahli di bidang Cipta Karya, Bina Marga, dan Sumber Daya Air. Kedua belah pihak juga akan membahas dan merumuskan proyek-proyek dibutuhkan kemudian rekomendasinya akan dibawa ke JICA untuk mendapatkan pembiayaan dan jaminan.

“Jadi kerja samanya lebih banyak pada kebijakan, kemudian ditindaklanjuti melalui kerja sama pendanaan, pendampingan tenaga ahli, dan hibah antardua kementerian ini,” imbuh Basuki.

Editor: H. Prasojo

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me