Segera Meledak, Megaproyek Properti Siap Hadir di Parung Panjang-Maja

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Maja di Kabupaten Lebak, Banten, barangkali diacuhkan banyak orang. Maklum lokasinya cukup jauh, sekitar 30 menit dari Parung Panjang, atau 45 menit dari Stasiun Serpong. Tapi tidak lama lagi kawasan ini bakal meledak. Sejumlah pengembang papan atas tengah merancang megaproyek properti di kawasan ini.

Millennium City Site Plan

Millennium City Site Plan

Bukan hanya Ciputra Group yang meluncurkan perumahan Citra Maja Raya (2.400 ha), dua perusahaan raksasa, Hanson International Tbk dan Pelican Group, berkolaborasi untuk membangun proyek kota baru Millennium City. Proyek seluas 1.000 ha lokasinya di Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat.

Untuk mengembangkan Millennium City kedua perusahaan tersebut akan membentuk perusahaan joint venture. Belum ada penjelasan kapan proyek tersebut akan dimulai. Tetapi master plan-nya sudah rampung. Di situ akan dibangun gedung perkantoran, hotel bintang 5, mal, ruko, fasilitas olah raga, dan pusat bisnis. Untuk hunian akan dibangun rumah menengah bawah hingga menengah atas. Gerbang utama akan dibangun dekat Stasiun Parung Panjang, dan akan dibuat akses tambahan menuju Stasiun Cisauk dan Stasiun Cisayur.

Menurut situs resmi Hanson International Tbk, perusahaan yang dipimpin Benny Tjokro Saputro (CEO) ini bergerak di bidang properti, pertambangan, dan perminyakan. Aset tanahnya sangat besar. Selain Millennium City, Maja Raya yang dikembangkan Ciputra tanahnya juga milik Hanson. Proyek ini akan dikembangkan dalam delapan tahap.

Kerjasama dengan Ciputra (430 ha) merupakan pengembangan tahap pertama khusus rumah menengah bawah hingga menengah. Kendati proyek ini baru akan diluncurkan akhir November ini, rumah yang dipesan sudah 6.200 unit. Sementara Pelican Group, kongsi Hanson di Millennium City adalah pemilik properti mewah Pasific Place, Hotel JW Marriot, dan the Ritz Carlton.

Sebelum memulai proyek besar itu, Hanson Internasional melalui anak usahanya PT Mandiri Mega Jaya Property lebih dulu meluncurkan Serpong Kencana (47 ha) di Parung Panjang. Konon rumah yang terjual dalam beberapa bulan ini sudah ratusan unit. Rumah termurah Rp385 juta (45/72).

Pengembangan proyek raksasa ini ditambah rencana pembangunan jalan tol Serpong-Balaraja-Bandara, serta tersedianya commuter line (Maja-Jakarta), akan membuat kawasan Parung Panjang hingga Maja pusat pertumbuhan baru. Dengan harga lebih terjangkau dan akses semakin baik kawasan ini bisa menjadi pesaing Serpong.

housing.estate.com