Singapura, Paling Menyenangkan Untuk Berbisnis

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Singapura memegang rekor sebagai negara paling efisien dan terbuka ekonominya. Predikat ini diberikan the Economist Intelligence Unit (EIU) setelah melakukan survei terhadap 82 negara. Predikat belum terpecahkan selama tujuh tahun.

Kota Singapura

Kota Singapura

Hasil survei Indeks Lingkungan Bisnis EIU itu memperkuat posisi Singapura sebagai tempat berbisnis paling menyenangkan seantero jagat.  Bulan lalu survei serupa dilakukan Bank Dunia terhadap 189 negara juga menempatkan negara kota itu di posisi tertinggi sebagai  negara paling bersahabat dengan investor. Posisi ini tidak tergeser dalam sembilan tahun berturut-turut.  Mengekor di bawah Singapura adalah Swiss, Australia, Hong Kong dan Swedia. Kemudian Kanada, AS, Denmark, Selandia Baru dan Finlandia.

Survei EIU itu  menempatkan Inggris di bawah Malaysia, Austria dan Prancis.  “Dampak krisis hutang, stabilitas politik dan ekonomi serta kondisi keuangan yang melanda Uni Eropa membuat negara-negara yang termasuk di dalamnya tergeser dari posisi atas,” demikian hasil laporan EIU.

Itu sebabnya, negara-negara yang relatif aman dari kondisi buruk itu bisa merengsek naik, seperti Denmark di posisi delapan dan Finlandia di posisi sepuluh. Hasil survei itu juga menunjukkan bahwa BRIC, kelompok negara yang digadang-gadang akan jadi pelopor pertumbuhan ekonomi dunia, ternyata tidak menarik sebagai negara untuk berbisnis. Tiongkok (China) berada di posisi 50, bahkan Rusia ada di level 64. Sedikit lebih baik adalah Brazil dan India yang masing-masing di posisi 47 dan 48.

Karena kondisi sosial dan politik di Afrika, membuat Libya harus terlempar dari daftar negara yang dipilih untuk berbisnis.

(Sumber: BBC)

Editor: H. Prasojo

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me