Waspada Ebola di Indonesia, Ini Cara Pencegahannya

Big Banner

Wabah penyakit Ebola yang terjadi tahun ini terasa sangat meresahkan penduduk dunia. Pasalnya tidak hanya menyerang kawasan Afrika, tetapi virus ini juga telah menyebar ke beberapa negara. 

Ketakutan warga dunia terhadap virus Ebola adalah suatu hal yang wajar mengingat jumlah kasus Ebola sudah lebih dari 10.000 kasus dan menewaskan lebih dari 4.000 jiwa. Sementara itu di Indonesia, sudah ada 2 pasien yang menjadi suspect virus Ebola. Tapi setelah diperiksa, hasil laboratorium menyatakan negatf.  

“Sampai saat ini Insya Allah nggak ada. Hasil tes laboratorium mengatakan yang 2 (pasien diduga suspek ebola) itu negatif. Jadi itu menenangkan kita,” ujar Nila Moeloek, Menteri Kesehatan, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Walaupun hingga saat ini, virus Ebola belum terbukti menyerang Indonesia, tetapi pemerintah telah melakukan tindakan pencegahan dengan memasang alat thermo scanner di 13 bandara internasional.

 

Guna mendukung program pemerintah tersebut, maka tak ada salahnya jika maasyarakat juga peduli terhadap pencegahan penyebaran virus Ebola. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara-cara pencegahan penyakit Ebola.

  • Jaga kebersihan. Cuci tangan dengan sabun atau pembersih beralkohol di bawah air mengalir.
     
  • Jangan pergi ke rumah sakit yang merawat pasien Ebola.
     
  • Jangan menyentuh barang apapun yang digunakan oleh korban penyakit Ebola.
     
  • Hindari kontak dengan darah dan cairan tubuh dengan orang lain yang tidak dikenal.
     
  • Jangan memegang tubuh pasien Ebola yang meninggal, tanpa prosedur dan pakaian pelindung.
     
  • Hindari kontak dengan kelelawar dan jenis hewan primata, karena hewan tersebut dapat menularkan virus Ebola.
     
  • Setelah berpergian ke luar negeri tempat virus Ebola terjangkit, harap memperhatikan kondisi kesehatan selama 21 hari ke depan. Jika terjadi demam, sakit kepala, otot nyeri, diare, muntah, dan pendarahan tanpa sebab yang jelas, segera periksakan diri ke rumah sakit.
     

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me