Hanson Land, Dari Solo Baru Menuju Millennium City

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Hanson Internasional Tbk (Hanson Land) mengentak jagat bisnis properti. Tanpa banyak publikasi tentang kiprahnya di industri properti, perusahaan ini menyiapkan megaproyek properti di sekitar Jakarta (Jabodetabek). Hanson menggarap proyek kota baru Citra Maja Raya (CMR) seluas 2.400 ha di Maja, Lebak, Banten. Pengembangan tahap pertama sudah dimulai dengan menggandeng Ciputra Group.

Siteplan Citra Maja Raya

Siteplan Citra Maja Raya

Maja Raya akan dikembangkan dalam sembilan tahap. Tahap pertama dan kedua fokus pada pengembangan rumah menengah bawah dan menengah. Fase berikutnya akan dibangun komersial, mal, pusat bisnis (CBD), community center, dan sport center.  Hanson juga menyiapkan pembangunan Millennium City (1.000 ha) di parung Panjang, Bogor, sekitar 30 menit dari Maja Raya.

Millennium City yang dikembangkan bersama Pelican Group (pemilik Pasific Place, Hotel Ritz Carlton dan JW Marriot), dirancang menjadi properti kelas atas.  Dalam situs resmi Hanson International, selain rumah menengah dan menengah atas di dalamnya juga akan dibangun mal, gedung perkantoran, komersial, hotel bintang 5, pusat bisnis, dan pusat olah raga. Selain dua proyek ini, Hanson melalui anak usahanya PT Mandiri Mega Jaya mengembangkan perumahan Serpong Kencana (47 ha) di Parung Panjang.

Hanson sebenarnya bukan pendatang baru di dunia properti. Perusahaan ini sudah 30 tahun menggeluti bisnis properti. Tahun 1984, Hanson mulai mengembangkan perumahan Solo Baru (400 ha) di Solo, Jawa Tengah. Solo Baru merupakan perumahan terbesar di Solo. Perumahan ini sudah habis sejak lama. Di dalamnya dilengkapi komersial, rumah sakit, hyper market, hotel dan lain-lain.

Setelah proyek Solo Baru, Hanson Land tidak terdengar lagi menggarap proyek skala besar. Ribuan hektar land bank-nya dikerjasamakan dan sebagian dijual ke pengembang lain. Di tangannya sekarang masih ada 3.133 ha. Selain Maja dan parung Panjang, tanahnya terserak di Cengkareng, Jakarta barat, dan Babelan, Bekasi. Millennium City untuk sementara akan menjadi proyeknya yang paling prestisius di Jabodetabek. Pasalnya, lahan di Cengkareng (153 ha) sampai sekarang tampaknya belum disentuh, demikian juga di Babelan (293 ha).

housing.estate.com