DKI Siap Investasi Di Wilayah Penyangga

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana akan membangun bandara baru di Kemayoran yang disebut Bandara Ali Sadikin. Selain itu, di Karawang, Jawa Barat, juga akan dibangun bandara baru untuk menambah kapasitas penerbangan selain mengurangi beban logistik di Jakarta yang sudah terlalu padat.

Tower ATC Bandara Kemayoran

Ilustrasi: Tower ATC Bandara Kemayoran

Terkait pembangunan bandara di Karawang, Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok) menyatakan kesediaannya untuk berinvestasi dalam pembangunan bandara Karawang. “Kalau investor ragu modalin karena mikirin balik untungnya, biar DKI yang investasi,” tandas Ahok di acara Rapat Kerja Gubernur Forum Kerja Sama Daerah Mitra Praja Utama (MPU), di Jakarta, Kamis (27/11).

Hanya saja menurut Ahok, ia siap berinvestasi bila Bandara Ali Sadikin yang akan dibangun di kawasan Marunda, Jakarta Utara, belum cukup menangani volume penumpang maupun barang menuju Jakarta. Ahok juga meyakini pemprov tidak  akan rugi jika berinvestasi untuk pembangunan bandara karena semakin banyak bandara yang berdekatan dengan Jakarta, hal tersebut bisa menekan biaya logistik.

“Konsepnya, kita jalankan perluasan wilayah dengan membangun fasilitas dan infrastruktur di wilayah mitra yang bisa membantu kepentingan warga Jakarta. Maksudnya, membantu tanggung jawab keuangannya, urusan birokrasi dan kekuasaan silakan dilakukan pemerintah masing-masing,” imbuhnya. Hal ini terkait dengan Pemprov DKI memberikan hibah keuangan kepada delapan wilayah mitra DKI beberapa waktu lalu.

housing.estate.com