Pemerintah Bangun 900 ribu Rumah Formal

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah cq Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) menargetkan menyalurkan KPR bersubsidi untuk  900 ribu rumah formal hak milik sepanjang 2014–2019. Hal itu dikatakan Menpupera Moch Basuki Hadimuljono ketika memaparkan program kerja kementeriannya kepada pers di Bogor, Kamis (27/11/2014).

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera)

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera)

Selain itu dalam waktu bersamaan pemerintah juga menargetkan membangun 600 ribu unit rumah sewa, menyalurkan KPR bersubsidi untuk 450 ribu unit rumah swadaya (yang dibangun masyarakat sendiri) dan memberikan stimulir untuk pembangunan 250 ribu unit rumah swadaya baru. Untuk mencapai target itu Kemenpupera tengah merampungkan konsolidasi dan penggabungan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat yang ditargetkan rampung Januari 2015.

“Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya tetap ada, tapi kita juga membentuk Ditjen Perumahan Rakyat (dan Pembiayaan Perumahan). Supaya tidak ada tumpang tindih kewenangan seperti selama ini, perumahan rakyat sepenuhnya ditangani Ditjen Perumahan Rakyat, sedangkan Ditjen Cipta Karya mengurus (kawasan) permukiman, drainasenya, dan yang semacam itu,” katanya.

Selain di perkotaan, pembangunan rumah baru itu antara lain akan difokuskan di daerah perbatasan yang dianggap masih buruk kondisi permukiman dan infrastrukturnya, seperti di perbatasan Kalimantan dengan Malaysia dan NTT dengan Timor Leste. Berkaitan dengan pengembangan perumahan itu, Kemenpupera juga menargetkan tahun 2019 bisa meningkatkan rasio akses air bersih warga dari saat 70 persen menjadi 100 persen, rasio akses transportasi dari saat ini 62 persen menjadi 100 persen.

“Masalah kawasan kumuh juga kita harapkan sudah bisa diatasi 100 persen tahun 2019, begitu juga sanitasi sebagian permukiman yang masih buruk lima tahun ke depan sudah bisa diperbaiki,” kata Basuki yang berjanji akan merinci lebih jauh pernyataannya dalam pertemuan-pertemuan berikutnya.

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me